Lansia Banyak Pelanggar Masker

Puluhan warga melakukan push up sebagai sangsi pelanggar akibat tidak memakai masker saat terjaring razia, Kamis (1/10). Rakyat Aceh/rahmat.

BLANGPIDIE (RA) – Puluhan warga Abdya yang menggunakan jalan raya di kawasan Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie terjaring razia masker. Bagi pelanggar akan mendapat sangsi berupa push up dan hafalan ayat pendek.

Kepala BPBK Amiruddin yang juga selaku kepala sekretariat gugus tugas Covid-19 disela-sela pergelaran razia masker, Kamis (1/10) menyebutkan, kegiatan razia tersebut sudah berlangsung selama 15 hari. Hal ini dilakukan sesuai dengan perbub nomor 38 tahun 2020 dan peraturan mentri dalam negeri nomor 4.

“Bagi pelanggar kita kenakan sangsi berupa push up, hafalan ayat pendek dan menyanyikan lagu kebangsaan. Tetapi jika pelanggar sudah berulangkali sebanyak empat kali melakukan kesalahan atau melanggar, maka akan dikanakan sangsi denda uang sebanyak Rp 50 ribu rupaih dengan melibatkan pihak pengadilan,” katanya.

Amir menyebutkan, tujuan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya bersama TNI/Polri dan Satpol PP, serta Perhubungan untuk menekan penyebaran wabah COVID-19.

“Hari ini selama kurang lebih dua jam kita razia ada 69 pelanggar, rata-rata yang banyak melanggar adalah orang-orang yang sudah lanjut usia,” sebutnya.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang kurang kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan. Hal itu dibuktikan dengan masih adanya warga yang terjaring razia tidak menggunakan masker.

“Mereka ini sebenarnya ada membawa masker, tetapi tidak digunakan. Meskipun demikian kami tetap memberikan sanksi. Ya, harusnya mereka pakai dengan tujuan menaati aturan yang ada,” tutupnya. (mat/rus).