Petra Hadir, H. Ramli MS Sebut Awal Kemajuan Pelosok

Meulaboh – Hadiri opening Petra Shop Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di pelosok Kabupaten Aceh Barat, Bupati Aceh Barat H. Ramli MS mengacungkan jempol kepada PT. Pertamina (Persero), telah hadir sesuai visi dan misinya.

“Terimakasih Pertamina, karena sudah membuka diri untuk melayani masyarakat desa, terbukti dengan hadirnya Pertashop di Kecamatan Pante Ceureumen ini. Semoga dapat merangsang pergerakan ekonomi masyarakat gampong,” ucap Bupati Aceh Barat H. Ramli

MS pembukaan grand opening Petra Shop BUMG bersama tiga desa dalam Kecamatan Pante Ceureumen, adalah Gampong Lhok Guci, Gampong Keude Suak Awe dan Gampong Berdikari. Selasa (6/10).

Kehadiran Petra di pelosok Aceh Barat ini, sambung H. Ramli MS, sangat sejalan dengan programnya, berupa memulai pembangunan dari gampong ke kota. “Sangat sinkron dengan Mendagri dan Pertamina. Petra hadir, tanda akan lebih maju di daerah itu,” ucapnya.

Saat ini, Pemkab Aceh Barat telah menjalankan program pemberian modal usaha kepada masyarakat Rp.15 juta per KK per tahun dari dana BUMG.

“Jangan takut untuk memberikan bantuan modal usaha kepada masyarakat melalui BUMG, yang penting terus dibimbing dan berkoordinasi dengan Dinas terkait apa yang bisa dan mampu dikembangkan oleh masyarakat desa di masing-masing daerah” imbuhnya.

Selain itu Bupati mengatakan jika ada program-program inovasi Gampong, harus adanya koordinasi dengan Camat dan Dinas-Dinas terkait sehingga memberikan masukan yang jelas dan tepat sasaran.

Bupati juga menyampaikan dirinya sangat berharap adanya pengelolaan usaha yang jujur di gampong-gampong karena kejujuran adalah hal yang paling utama untuk meraih kesuksesan.

Pesan lainnya, H. Ramli MS, meminta perlu cerdas untuk melihat sejumlah peluang dan potensi, terlabih lagi, harus melakukan studi banding antar gampong terkait usaha seperti mini market dan usaha-usaha lainnya yang bisa dijalankan oleh BUMG.

“Harapan kita ini dapat membangkitkan ekonomi masyarakat gampong, ini merupakan contoh yang luar biasa atas kesepakatan antar gampong” katanya.

Ia juga berharap Petra Shop dapat juga hadir di 12 Kecamatan lainnya, supaya mampu merangsang geliat kepekaan masyarakat di Gampong dalam dunia bisnis.

Kegiatan tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, sejumlah Assisten, para Kepala SKPK, kepala BUMG se Aceh Barat, Sales Area Manager PT. Pertamina Aceh, para Camat, Imum Mukim, Keuchik dan masyarakat.(den)