Alumni PNL Jadi Narasumber di Forum Diskusi Online

KEGIATAN- Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melalui Bagian Humas dan Kerjasama melaksanakan kegiatan Forum Diskusi Online dengan tema “Peran Alumni PNL dalam Memperkuat Kerjasama dengan IDUKA (Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja)”, Kamis (8/10). FOR RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melalui Bagian Humas dan Kerjasama melaksanakan kegiatan Forum Diskusi Online dengan tema “Peran Alumni PNL dalam Memperkuat Kerjasama dengan IDUKA (Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja)”. Acara virtual tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (8/10) mulai pukul 10.00 s.d 13.00 WIB yang diikuti oleh seratus lebih peserta yang terdiri dari Pimpinan dan Manajemen PNL, Staf Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Alumni PNL.

Forum Diskusi Online ini menghadirkan 3 Narasumber dari Alumni PNL yang sudah sukses, diantaranya Alfian Jalil (as to General Manager Idemitsu Kosan Co. Ltd. Tokyo – Japan), M. Dahlan (Business Development PT. IKPT Jakarta / a toyo Japan Global Company dan juga Direktur Utama PT Alam Persada Inti – Jakarta) dan Yusriadi (Indonesia Global Inventory Management ExxonMobil Indonesia).

Ketiga narasumber sepakat memberikan konsep untuk memperkuat kerjasama PNL dengan IDUKA diantaranya, PNL dan alumni yang sudah sukses dan memiliki posisi strategis di perusahaan untuk bekerjasama dalam rangka pemagangan dan pelatihan industri untuk mahasiswa. Memberi masukan untuk PNL tentang informasi terkait ketrampilan yang dibutuhkan dunia kerja yang akan digeluti, membuka peluang komunikasi dengan perusahaan skala besar yang berada di Jabodetabek untuk memperkuat kerjasama dengan PNL.

Memberikan informasi pekerjaan dan melakukan recruitment ke kampus PNL, memberikan tips dan motivasi untuk mahasiswa dalam mencari pekerjaan dengan harapan mahasiswa harus mempersiapkan dirinya dan memiliki commitment dalam berkelakukan baik, selalu belajar dan belajar, menguasai bahasa inggris, persiapan diri pribadi yang sesuai dengan kebutuhan IDUKA serta persiapan mental dan punya keinginan untuk merantau.

Salah satu narasumber Alfian Jalil dalam bulan ini mendapatkan promosi jabatan ke Idemitsu Kosan Co. LTD, Tokyo Japan sebagai as to General Manager HSE/QA yang menangani Asia Pasifik dan USA mengatakan “Alhamdulillah di perusahaan saya bekerja Idemitsu Indonesia alumni PNL yang bekerja sudah mencapai 30 orang, tentunya ini merupakan salah satu upaya dari Alumni dalam memperkuat kerjasama PNL dengan IDUKA”.

Direktur PNL Rizal Syahyadi dalam arahannya. mengatakan bahwa peran alumni mutlak dibutuhkan dalam rangka pengembangan PNL. “Kami senang hari ini banyak alumni yang bergabung untuk memberikan saran yang konstruktif untuk kemajuan PNL, semoga alumni tidak bosan-bosan untuk memberikan input untuk lembaga yang kita cintai ini”.

“Saya berharap acara seperti ini akan menjadi agenda rutinitas PNL, dan meminta Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi serta Koordinator Humas dan Kerjasama untuk mengagendakan acara tersebut secara berkala sehingga dapat menjadi wadah dan ruang bagi alumni untuk menyampaikan masukan bagi PNL dalam upaya meningkatkan mutu PNL, baik mutu dosen, tendik maupun mahasiswa.”ungkapnya, dalam relisnya kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Koordinator Humas dan Kerjasama PNL Muhammad Hatta mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama PNL dengan Direktorat Kemitraan dan Penyelerasan Dunia usaha dan Dunia Industri (MItrasdudi) Kemendikbud RI dalam upaya Program Penguatan Humas Kemitraan PNL dengan IDUKA.

Sebut Hatta, ada 6 agenda acara yang di support oleh Direktorat Mitrasdudi, 3 untuk kegiatan Forum Diskusi Online dan 3 kegiatan Webinar. “Alhamdulillah sampai hari ini kami sudah melaksanakan 2 kegiatan Forum Diskusi Online, yang pertama Forum Diskusi Online dengan tema “PNL Dimata Media” sudah dilaksanakan pada hari Selasa 6 Oktober 2020, dan yang kedua acara hari ini,”ucapnya. (arm/ra)