Bebasnya Tiga Nelayan Aceh dari India

Banda Aceh (RA) Apresiasi besar diberikan kepada Pemerintah India dengan membebaskan tiga nelayan Aceh, Kamis (8/10). Ketiga nelayan itu kini sudah berkumpul kembali dengan keluarga setelah hampir satu tahun menjalani tahanan di negeri ‘hindustan’ tersebut

Mereka adalah Kaharuddin (47) asal Sungai Raya, Aceh Timur bersama dua temannya…awal September pergi memancing dengan boat ukuran 8 GT dari pelabuhan Lampulo Banda Acèh.

Ketiganya ini pergi menangkap ikan hiu di laut lepas. Dan ketika hendak balik pulang sore hari menjelang malam tiba-tiba dikejutkan dengan beberapa kali tembakan peringatan dari arah belakang boat dan meminta segera berhenti.

Rupanya mereka petugas angkatan laut Port Blair, Andaman, India lalu kami pun diinterogasi dengan bahasa Inggris dan ada juga yang bisa bahasa Indonesia sedikit-sedikit.

Kamipun lalu dibawa ke Andaman dan dipenjara selama hampir setahun dan pada
Maret 2020 dibebaskan kamipun tunggu lama proses pemulangan yang difasilitasi
Kementrian Kelautan Perikanan RI melalui Departemen Luar Negeri.

Kita sampaikan terima kasih dengan Pemerintah India dan juga Deplu serta KKP di Jakarta, ujar Ibu Dyah yang mewakili Pemerintah Aceh didampingi Kadis Sosial Alhudri, kemarin.

Pada kesempatan itu Pemerintah Aceh memberikan bantuan sembako kepada tiga nelayan itu disaksikan istri salah satu nelayan. (imj)