Pemda Abdya Bakal Terima Kucuran Dana Segar

ILUSTRASI : Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dan Forkopimkab serta anggota dewan tanam perdana uji multi varietas padi sigupai di Cot Bak U, Lembah Sabil, Selasa (1/10). RAHMAD/RAKYAT ACEH

BLANGPIDIE (RA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya untuk tahun 2021 depan akan kembali mendapatkan kucuran dana segar dari program Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp33,2 miliar Iebih.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Keuangan Pemkab Abdya, Salman Alfarisi, di Blangpidie, Jum‘at (23/10).

Ia menyebutkan, kucuran dana segar itu berdasarkan hasil postif dari opini positif dari pihak auditor eksternal, Badan Pengawas Keuangan (BPK), berprestasi dalam penilaian ketepatan dalam laporan keuangan, disiplin dalam laporan keuangan dan pelaksanaan e-goverment (ebudgeting dan e-planning).

Selanjutnya, juga atas dasar memiliki nilai kinerja melewati passing grade untuk kategori kinerja kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan, pelayanan dasar publik bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat.

“Pemkab Abdya pada tahun 2021 mendatang berada diurutan ke~5 terbanyak dalam pengalokasian dana dari pusat ini. Untuk Kabupaten di Barat Selatan Aceh (Basela) kita diurutan kedua setelah Subulussalam,” katanya

Pada kesempatan itu, Salman Alfarisi juga mengucapkan rasa syukur atas pencapaian tersebut. Menurutnya, pencapaian tersebut berkat kerja semua elemen, dari pimpinan hingga para Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang dinilai sangat baik dalam bekerja.

“Untuk penggunaan DID ini dilakukan sesuai kebutuhan dan prioritas, namun kita juga masih menunggu petunjuk teknis (juknis) nya,” tutur Salman.

Menurut Salman Alfarisi, reward dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Abdya ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk tahun depan memang mengalami kenaikan. Tahun ini kita mendapatkan Rp20 M lebih setelah pembahasan,”paparnya.(mat)