Dewan Bireuen Ajak Stakeholder Perkuat Desa

BIREUEN (RA)- Anggota Komisi I DPRK Bireuen bidang Pemerintahan dan Hukum, Zulkarnaini, mengajak seluruh stakeholder untuk secara bersama-sama memperkuat Desa di lingkungan Kabupaten Bireuen.

“Terdapat 609 desa yang terbagi dari 17 kecamatan menjadi tanggungjawab seluruh stakeholder terutama Bupati Bireuen untuk secara bersama-sama memperkuat dan memantapkan gampong demi kemajuan dan perkembangan pemerintahan desa,” ujar anggota DPRK Bireuen, Zulkarnaini kepada Rakyat Aceh, Minggu (11/10).

Zulkarnaini menyebutkan, kami selaku anggota dewan dari Komisi I, sesuai dengan tugas melakukan pengawasan dan membuat aturan yang memperkuat kelembagaan desa dalam mengeksekusi program Dana Desa, mengajak segenap lapisan untuk memperkuat gampong sesuai dengan kewenangan masing-masing.

“Kami juga meminta kepada pihak manapun untuk berhenti mengeksploitasi gampong dengan dalih memperkuat, namun dibalik itu malah mendikte dan mencari keuntungan,” sebut Zulkarnaini yang sering disapa Zoel Sopan ini.

Selama ini, sebutnya, banyak Kepala Desa mengeluh setelah mereka membuat perencaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) sesuai dengan hasil Musrenbang, tiba-tiba mereka menerima chat via WhatsApp (WA) dari oknum yang meminta APBG diubah dan dimasukkan beberapa program tertentu. Itu jelas tidak sehat dan membuat Keuchik berbenturan dengan masyarakat.

“Kita meminta kepada para Keuchik yang keberatan dengan program titipan pihak tertentu untuk tidak usah takut. Jika ada yang menakut-nakuti, silahkan laporkan kepada kami untuk ditindaklanjuti,” ujar Zoel Sopan. (akh)