3 Tahanan dan 1 Napi Rutan Kajhu Kabur

Tiga tahanan dan seorang narapidana Rutan Kajhu melarikan diri, Kamis (14/10). (muammar/rakyat aceh)

Banda Aceh (RA)– Seorang narapidana dan tiga tahanan kabur dari Rutan Kajhu, Aceh Besar, dengan menjebol jeruji tahanan. Mereka ini tiga bulan lalu juga berusaha kabur namun gagal.

Kepala Rutan Kelas IIB, Banda Aceh, Irhamuddin, kepada wartawan mengatakan, keempat warga binaan yang melarikan diri tersebut yakni Zuhri, Muliadi, Sulaiman dan Azmi Hanafiah.

Dijelaskan Karutan, kaburnya tahanan tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. keempatnya kabur setelah menjebol jeruji besi di atas pintu sel dengan memanjat tembok rutan menggunakan kain sarung yang biasa mereka pakai untuk sholat.

“Menurut penyisiran kami, orang tersebut melarikan diri sekitar jam lima pagi. Padahal malam itu saya lagi kontrol, Mereka lagi ngaji. Kita pun tidak berprasangka buruk. Petugas mengetahui karena salah satu napi di kamar berteriak dan petugas langsung mengecek. Begitu dilihat ada yang kabur dari jeruji, “sebut Irhamuddin Rabu (14/10).

Dijelaskannya, para warga binaan yang kabur tersebut berada di blok A yaitu blok karantina. Dalam kamar tersebut berjumlah tujuh orang, namun yang kabur empat orang. Mereka dikarantina karena upaya melarikan diri beberapa waktu bersama tujuh orang lainnya, namun gagal.

“Keempat yang kabur itu, kasusnya narkoba. Zuhri, Muliadi dan Sulaiman statusnya sebagai tahanan. Sementara Azmi statusnya narapidana yang telah divonis 14 tahun penjara. ” kata Irhamuddin.

Irhamuddin menyebutkan mereka sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk penyisiran awal. “Sudah langsung kordinisasi pihak Polres dan menyisir untuk laporan awal. Pak Kapolsek juga sudah sampai melihat kondisi. Yang kami lakukan sekarang adalah pemeriksaan awal,” jelasnya. (mar/min)