Harianrakyataceh.com,Banda Aceh – Untuk mengejar progres persiapan perencanaan pelaksanaan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024, KONI dan Pemko Banda Aceh turun ke beberapa titik lokasi rencana pembangunan venue untuk beberapa cabang olahraga yang rencananya dipertandingkan di Banda Aceh, Kamis 15 Oktober 2020.

Kadispora Banda Aceh Teuku Syahluna Polem yang memimpin tim survey tersebut mengatakan, kunjungan lapangan yang dilakukan pihaknya merupakan tindaklanjut dari pertemuan Ketua Harian KONI Aceh H. Kamaruddin Abu Bakar alias Abu Razak dengan Walikota Banda Aceh Aminullah Usman beberapa hari lalu.

“Ini survey tahap pertama untuk memastikan tempat dan kepemilikan asset beberapa lokasi yang rencananya akan dibangun venue PON XXI tahun 2024,” kata Teuku Syahluna yang turut didampingi unsur dari dinas PUPR Kota Banda Aceh.

Sementara Abu Razak didampingi oleh Tim Pendamping Teknis Perencanaan PON Aceh-Sumut, dan perwakilan Pengprov Cabang olahraga. Turut ikut serta pula unsur dari Dispora Aceh.

Usai mengunjungi beberapa titik lokasi rencana venue, Teuku Syahluna mengatakan, pihaknya akan melaporkan hasil kunjungan tersebut kepada Walikota Banda Aceh. “Apa saja prospek dan kendalanya, nanti akan kita konsultasikan dengan Walikota. Misalnya pembebasan lahan, atau perluasan lokasi jika diperlukan.”

Sementara Ketua Harian KONI Aceh, Abu Razak, meminta kepada Pengprov-pengprov cabang olahraga PON Aceh-Sumut agar berkonsulitasi dengan PB masing-masing sebelum ditetapkan lokasinya pelaksanaan dan pembangunan venue. “Misalnya apakah lokasi yang ditentukan memenuhi standar kelayakan, baik dari sisi lokasi, dan bangunannya,” kata Abu Razak.

Beberap cabang yang rencananya akan digelar di Banda Aceh saat PON XXI Aceh-Sumut nantinya antaralain, soft tenis, rugby, woodbal, anggar, kempo, judo, sepakbola (babak penyisihan), dayung, angkat besi, angkat berat dan binaraga, serta cabang sepatu roda. (imj/rif)