Petugas dari Dinas PUPR Banda Aceh membersihkan sedimen di bahu jalan underpass Beurawe, pada Rabu (14/10). IST/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Banda Aceh melakukan pembersihan sedimen di bahu jalan underpass Beurawe, pada Rabu (14/10).

Kepala Dinas PUPR Kota Banda Aceh, Jalaluddin ST MT, didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air, Fernanda ST mengatakan, pembersihan rutin ini dilakukan untuk mencegah tergenangnya air di underpass tersebut.

“Sedimentasi tanah pada underpass tersebut sering terjadi disebabkan oleh bawaan tanah pada roda kendaraan yang melintasi atau dibawa air hujan, lama-lama kalau tidak dibersihkan akan menumpuk juga tanahnya,” kata Jalaluddin.

Jalaluddin mengatakan, pembersihan sedimen tersebut rutin dilakukan untuk mencegah agar sedimen tanah tidak masuk ke kolam sumpit, sehingga empat buah pompa isap dapat selalu berfungsi dengan baik dan dapat beroperasional 24 jam saling berotasi artinya ada interval waktu masing-masing pompa beroperasional.

Dalam hal ini, Jalaluddin berharap dengan pembersihan sedimen pasir di bahu jalan underpass secara rutin diharapkan pengendapan pasir di dalam sumpit tidak cepat penuh dan pompa bisa lebih awet dalam pengoperasian/ pemakaiannya.

“Hal-hal yang tidak kita inginkan di underpass seperti terjadinya luapan air ke badan jalan dari kolam sumpit dapat dihindari sehingga masyarakat pengguna lalu lintas aman dalam menggunakan jalan tersebut,” kata Jalaluddin. (ril/bai)