MAKAMKAN- Dildar Begum (20) pengungsi Rohingya yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara, di makamkam di TPU Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, pada Kamis (15/10) siang. ARMIADI/RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Empat warga Etnis Rohingya yang tinggal di Kamp Pengungsian BLK Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, meninggal dunia dalam dua bulan terakhir ini. Mereka meninggal dunia karena menderita penyakit dan kesemuanya dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Hal itu disampaikan Ketua Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya Kota Lhokseumawe, Ridwan Jalil, didampingi Juru Bicaranya, Marzuki, kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Ia mengatakan, keempat pengungsi Rohingya yang meninggal dunia itu yakni, Nur Khalimah (21) pada Rabu (9/9), Hilal (22) pada Kamis (10/9), Senewara Begum (19) pada Jumat (11/9), dan Dildar Begum (20) meninggal dunia pada Kamis (15/10).

Ridwan Jalil menjelaskan, Dildar Begum merupakan pengungsi keempat yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara. Ia meninggal dunia pada pukul 08.00 WIB dalam perawatan di rumah sakit setempat.

“Dildar Begum menjalani perawatana medis di Ruang Multazam Rumah Sakit Umum Cut Mutua (RSUCM) Aceh Utara, sejak Jumat 9 Oktober lalu, menderita deman tinggi dan rawatan gangguan kejiwaan,”ucap Ridwan Jalil yang juga Kepala Dinas Sosial Kota Lhokseumawe.

Sebutnya, jenazah pengungsi rohingya sudah dishalatkan di rumah sakit dan selanjutnya, diserahkan ke Tim Satgas Penanganan Rohingya Lhokseumawe untuk dimakamkan di TPU Kuta Blang Lhokseumawe pada Kamis siang.

Sementara itu, hadir dalam acara pemakaman jenazah pengungsi Rohingya, selain Ketua Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya Kota Lhokseumawe, Ridwan Jalil, Kabid Kedaruratan dan Logistik Ridwan Puteh, Danpos Ranmil Muara Dua Peltu Ilham, perwakilan UNHCR, IOM, Babinsa Koramil 16/Banda Sakti, personil Polsek Banda Sakti, masyarakat Gampong Kuta Blang dan perwakilan kerabat dari almarhumah Dildar Begum. (arm/ra)