Personil dari Polres Aceh Besar bersama TNI dan Satpol PP melakukan razia masker dan Rapid Tes bagi pelanggar Protokol Kesehatan di Terminal Saree Kecamatan Lembah Seulawah Senin (19/10) TARMIDI YUSUF/ RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Polres Aceh Besar melakukan Rapid Tes terhadap pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) saat melakukan razia masker dalam rangka Operasi Yustisi di wilayah hukumnya yang di gelar di Terminal Saree Kecamatan Lembah Seulawah Aceh Besar Senin (19/10).

Sebanyak 71 orang pelanggar Prokes khususnya yang tidak memakai masker para pengguna jalan baik kenderaan pribadi maupun penumpang kenderaan umum langsung dilakukan Rapid Tes di lokasi kegiatan. Para pelanggar juga diberi teguran tertulis dengan mencatat identitasnya. Dan semua hasil tes menunjukkan non reaktif.

Pemeriksaan Rapid Test dilaksanakan oleh Paurkes dan Baurkes Bag Sumda Polres Aceh Besar selaku Kasatgas Penanganan Pos Aman Nusa II serta dilakukan pendampingan oleh Kasubbag Pers Bag Sumda selaku Kasatgas Rehabilitasi Ops Aman Nusa II Polres Aceh Besar.

Kecuali itu, kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Kapolres Aceh Besar itu melibatkan 145 aparat gabungan tiga pilar yaitu TNI dari jajaran Kodim 0101 BS, Personil Polri dari Polres Aceh Besar dan jajarannya serta Satpol PP Aceh Besar.
Dalam Opyustisi yang dipimpin Kabag Ops Polres Aceh Besar Kompol Yusuf Hariadi ini, selain dilakukan teguran tertulis dan Rapid Tes terhadap pelanggar Prokes, juga dilakukan 25 teguran lisan baik bagi sopir angkutan umum maupun penumpang yang menggunakan masker tidak sesuai anjuran.

Kapolres Aceh Besar AKBP Riki Kurniawan SIK MH melalui Kabag Ops Kompol Yusuf Hariadi SH MSi kepada Rakyat Aceh mengatakan razia masker sekaligus Rapid Tes dalam rangka Opyustisi itu untuk mengetahui kondisi ril serta memberi pemahaman dan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Opsyustisi serta Rapid Tes ini untuk mengetahui kondisi ril dalam rangka percepatan penanganan dan antisipasi dampak wabah virus corona dan sebagai bagian dari pendisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan sesuai intruksi Presiden,” jelas Yusuf Hariadi.

Yusuf menambahkan, dalam razia masker yang digelar di wilayah perbatasan Aceh Besar dan Pidie tersebut juga masih mengedepankan sosialisasi dan himbauan-himbauan kepada masyarakat untuk patuh dengan Prokes dan anjuran pemerintah.

“Aparat gabungan melakukan himbauan kepada warga yang memasuki wilayah Aceh Besar untuk selalu mengindahkan aturan yang disampaikan oleh pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” ujar Yusuf.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Reskrim Polres Aceh Besar Iptu Zeska Julian Taruna WS, Kasat Lantas AKP Mulyana, Kasat Sabhara Iptu Fachrul Razi, Kasat Binmas AKP Ramlan, Kapolsek Seulimum Iptu Irwansyah, Kapolsek Lembah Seulawah Ipda Bustamam, Kasi Kesiapsiagaan Satpol PP Aceh Besar, personil TNI dari Koramil Lembah Seulawah dan personil Satpol PP Aceh Besar.(mag-83)