Ambulance RSUZA yang membawa jenazah YH tiba di Pulau Simeulue. Senin (19/10). Ahmadi - Harian Rakyat Aceh

SIMEULUE (RA) – Jenazah Pasien Covid19, YH (37) dikebumikan secara Protokol Kesehatan (Prokes) di pemakaman umum, Desa Tamon Jaya, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue, Senin (19/10).

Pelaksanaan pemakaman pasien Covid19, yang meinggal dunia di RSUZA Banda Aceh, sekitar pukul 21:30 WIB?, Sabtu (17/10), dan tiba di pulau Simeulue dengan transportasi kapal feri, sekitar pukul 07:00 WIB lego jangkar di pelabuhan penyeberangan Kuta Batu, Kecamatan Simeulue Timur, Senin (19/10).

Jenazah pasien Covid19 itu, langsung dibawa ke Desa Tamon Jaya, Kecamatan Salang, yang di shalatkan dalam mobil Ambulance milik RSUZA Banda Aceh, dan selanjutnya sekitar pukul 11:00 WIB, selesai dimakamkan oleh tim kesehatan Satgas Covid19 Kabupaten Simeulue.

Hal itu dijelaskan Wakil Ketua Satgas Covid19 Kabupaten Simeulue, Letkol Inf Yogi Bahtiar, kepada Harian Rakyat Aceh, Senin (19/10).

“Benar, ada warga kita pasien Covid19 yang meninggal dunia di RSUZA Banda Aceh, dan tadi pagi tiba di Simeulue, kemudian telah dimakamkan sesuai SOP Protokol Kesehatan,” katanya.

Dia juga memberikan apresiasi kepada pihak RSUZA Banda Aceh dan Pemerintah Aceh, yang lebih awal memberikan informasi ada warga Simeulue yang positif Covid19 dan meninggal dunia, sehingga pihak Satgas Covid19 setempat dan Pemerintah Kabupaten Simeulue telah mempersiapkan proses pemakaman secara protokol kesehatan.

“Ini perdana diberitahukan, sehingga telah kita persiapkan secara matang untuk proses pemakaman secara Prokes, sebab ada dua kasus sebelumnya yang lambat diberitahukan. Alhamdulillah masyarakat juga saat ini semakin patuh dan paham tentang bahaya wabah Covid19 ini,” imbuhnya.

Kata Asludin, Kepal Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, yang ditemui Harian Rakyat Aceh, Senin (19/10) mengatakan, sebelumnya YH dirujuk ke Banda Aceh, pada bulan September 2020 lalu, kemudian terpapar positif Covid19 dan meninggal dunia di RSZA Banda Aceh.

“YH ini terpapar positif Covid19 di Banda Aceh, yang sebelumnya dia dirujuk dari Simeulue ke RSUZA Banda Aceh, pada bulan September 2020 lalu. Tadi pagi jenazah sampai di Simeulue dari RSUZA Banda Aceh, dan telah dikebumikan secara prokes,” katanya. (ahi/rus).