Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh menyerahan sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 yang diserahkan oleh Walikota dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Aceh sebanyak 12 sertipikat secara simbolis dari total 555 sertipikat kegiatan PTSL tahun 2020, yang tersebar di 2 Kecamatan dan 12 desa, Selasa (20/10). IMRAN JONI/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh laksanakan kegiatan penyerahan sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 yang diserahkan oleh Walikota dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Aceh sebanyak 12 sertipikat secara simbolis dari total 555 Sertipikat Kegiatan PTSL tahun 2020, yang tersebar di 2 Kecamatan dan 12 desa, Selasa (20/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Pendopo Walikota Banda Aceh ini turut dihadiri pejabat lainnya, diantaranya Sekda Kota Banda Aceh, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh dan jajaran.

Drs Suria Bakti MSi, selaku Kepala Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh dalam sambutannya mengatakan, untuk 12 desa yang telah dilaksanakan kegiatan PTSL, bersamaan dengan kegiatan tersebut Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh juga menyelesaikan peta gampong dan akan serahkan kepada keuchik secara simbolis pada kesempatan yang sama.

Peta gampong yang merupakan hasil dari kegiatan ini menginformasikan tentang tanah yang telah terdaftar, fasos/fasum dan aset pemerintah yang berada diwilayah gampong dari hasil kegiatan tersebut Kantor Pertanahan dan Pemerintahan Kota Banda Aceh telah melaksanakan kerjasama terkait integrasi data Pertanahan dan PBB yang telah disimulasikan pada dua desa hasil kegiatan PTSL 2019 yang bertujuan menyesuaikan antara Nomor Induk Bidang (NIB) dan Nomor Objek Pajak (NOP) sehingga jumlah bidang tanah dan jumlah objek pajak tidak terjadi lagi perbedaan dan Pemerintahan Kota dapat menghitung dengan pasti jumlah objek pajak yang ada di wilayah Kota Banda Aceh serta meningkatakan pendapatan asli daerah.

Capaian lain yang telah kita lakukan dengan pemerintah kota yaitu, kita telah berhasil melaksanakan BPHTB online melalui kerja sama Host To Host dan yang sangat membanggakan bahwa apa yang telah dicapai tidak hanya dinikmati oleh Kota Banda Aceh, aplikasi yang telah dibangun juga telah diduplikasi oleh bererapa kabupaten dalam merealisasikan BPHTB online.

Harapan kedepan semua kerjasama dan pencapaian yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan dan Pemerintah Kota Banda Aceh dapat menjadi manfaat bagi masyarakat dan menjadikan Banda Aceh Kota Gemilang.

Seperti halnya yang telah diutarakan Kepala Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh, Dr Agustyarsyah SSIT SH MP selaku Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Aceh juga berharap, semoga Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh terus bersinergi untuk mencapai semua yang telah ditargetkan.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Banda Aceh mengaku bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh sangat mendukung program pendaftaran tanah baik melaui kegiatan PTSL maupun kegiatan prioritas lainya seperti Tanah Wakaf dan Aset Pemerintah, dukungan Pemerintah Kota Banda Aceh mengenai pensertifikatan tanah tersebut dibuktikan dengan menfasilitasi penyuluhan/sosialisasi untuk aparat gampong tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dan Pemerintah Kota Banda Aceh juga telah membuat tim pendamping PTSL untuk tahun 2020 yang nantinya akan bekerjasama dengan Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh untuk mendata masyarakat yang memiliki tanah belum bersertifikat.

Walikota Banda Aceh berharap, Seluruh masyarakat penerima sertipikat tanah untuk menggunakan sertipikatnya dengan baik dan benar, dalam kesempatan yang baik ini juga saya mengajak kepada kita semua, mari jadikan momentum penyerahan sertipikat ini sebagai tonggak untuk menyatukan gerak langkah kita guna semakin merapatkan barisan dalam rangka bersatu padu guna melaksanakan pembangunan di segala bidang agar kota banda aceh semakin gemilang, tutur Aminullah Usman. (imj)