Harianrakyataceh.com,Lhokseumawe – Program pengembangan usaha produk intelektual kampus (PPUPIK) Hashtag Indonesia yang berada di bawah Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe kembali mendapatkan hibah dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek/BRIN) untuk skema Pengabdian kepada Masyarakat.

Sebagai bentuk unit usaha yang bergerak di bidang developer IT, konsultan dan pelatihan di bidang IT, PPUPIK Hashtag Indonesia melakukan kolaborasi dengan perusahaan start up KOODA Easy Family membangun aplikasi ojek online di Kota Lhokseumawe.

Ketua Pelaksana PPUPIK, Hari Toha menjelaskan, pada zaman era saat ini telah banyak lahir start up baru di Indonesia. Menjamurnya perusahaan di bidang start up dianggap strategis dalam meningkatkan perekenomian di Indonesia.

“Sebagai unit usaha di bawah Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer PPUPIK Hashtag Indonesia melakukan transformasi untuk penyesuaian dengan perkembangan saat ini,” ungkapnya, Jumat (23/10).

Dimana salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melakukan kolaborasi dengan salah satu start up dibagian transportasi online yang ada di Kota Lhokseumawe yakni KOODA.
KOODA merupakan start up yang sudah berjalan sejak tahun 2019.

“Akan tetapi start up ini berjalan tanpa adanya aplikasi khusus, mereka masih menggunakan aplikasi berupa whatsapp dalam melayani para customernya. Dalam mengembangkan usaha yang telah dijalaninya, maka KOODA melakukan kerjasama dengan Hashtag Indonesia untuk pembuatan aplikasi ojek online sebagai sarana yang digunakan untuk menjalankan usaha di bidang transportasi online,” tambah Toha.

Adapun fitur – fitur yang dikembangkan didalam aplikasi ojek online KOODA ini yakni fitur KOODA Bike merupakan layanan antar – jemput menggunakan sepeda motor, KOODA Car merupakan layanan antar – jemput menggunakan mobil, KOODA Food merupakan merupakan layanan beli makanan online dimana driver akan membeli dan mengantarkan makanan kepada pengguna layanan Kooda.

Juga ada KOODA Market yang merupakan layanan beli produk toko secara online dimana driver akan membeli dan mengantarkan produk kepada pengguna layanan Kooda, KOODA Admin merupakan layanan yang dapat digunakan pengguna apabila memiliki pertanyaan mengenai aplikasi Kooda,  dan KOODA Virtual merupakan layanan yang digunakan untuk membayar transaksi Pulsa dan Token Listrik secara nontunai. (rif)