Bupati Bener Meriah, H Sarkawi.

REDELONG (RA) – Bupati Bener Meriah, H Sarkawi menyampaikan, santri harus menjadi garda depan dalam mengkampanyekan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19.

Hal tersebut disampikanya kepada Rakyat Aceh dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Kamis (22/10).

Menurutnya, santri merupakan generasi penerus bangsa yang tidak hanya agamais tapi juga intelektual. “Bangsa yang besar di belakangnya ada santri yang selalu berdo’a dan berusaha,” tegas Sarkawi.

Ia menambahkan, moment hari santri merupakan upaya diri dan memperbaiki bangsa ini dalam mewujudkan Islam yang sejuk dan cinta damai. “Biarkan langkah kaki menapaki jejak para kiai dan alim ulama negeri,” ujarnya.

Disebutknya, hari santri tahun ini mengusung tema Santri Sehat, Indonesia Kuat, harus terus digaungkan di tengah pandemi covid-19 sehingga santri harus menjadi garda depan dalam mengkampanyekan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19.

“Seorang santri tentunya sudah paham, menghindar dari sebuah penyakit menjadi bagian dari ikhtiar yang dianjurkan dalam agama. Memakai masker, menjauhi kerumunan dan mencuci tangan sesering mungkin menjadi bagian dari ikhtiar kita semua agar tidak terinfeksi Covid-19,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Bener Meriah, Sabaruddin SE mengatakan, tahun ini pelaksanaan Hari Santri di daerah tersebut tidak dilaksanakan secara formal.

“Beberapa waktu lalu, sudah kita sepakati, hari santri akan digelar di masing-masing dayah guna untuk menekan penyebaran covid-19,” tandasnya. (uri/bai)