BIREUEN (RA) – H Mukhlis Takabeya meresmikan rumah bantuan dari lembaga Poros Muda Aceh yang dibangun untuk ibunda almarhum Muhammad Zaki di Desa Cot Kruet, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Sabtu (24/10).

Almarhum Muhammad Zaki (Cekgu Zaki) merupakan seorang guru honorer yang dulunya mengabdi di SD Mbiandoga, Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Beliau menghembus nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire, Papua, Senin 29 Juni 2020.

Setelah Cekgu Zaki menghadap Sang Pencipta, tersebar percakapan almarhum dengan sahabatnya yang pernah viral di media sosial. Sedikitnya isi dari percakapan itu menyebutkan, Zaki ingin membangun satu unit rumah untuk sang ibundanya, dimana selama ini ibunya tidak memiliki rumah pribadi dan hanya tinggal dikontrakan yang sudah habis masa sewanya.

Mendengar kabar musibah terhadap pemuda Bireuen yang selama ini mengabdi di Provinsi Papua, membuat pengurus Poros Muda Aceh tersentuh bathin. Tanpa memikir panjang, Poros Muda di Kabupaten Bireuen menjemput Dahniar (ibu Zaki) di tempat kontrakannya dikawasan Krueng Mane untuk dibawa pulang ke kampung halamannya di Desa Cot Kruet, guna meninjau lokasi untuk membangun satu unit rumah.

Dini hari, Sabtu (24/10) Pembina Poros Muda Aceh, H Mukhlis, A.Md menyerahkan kunci rumah kepada ibu Dahniar (54) yang rampung dikerjakan selama Tiga bulan.

Saat peresmian rumah tersebut, H Mukhlis mengatakan, kegiatan sosial seperti ini sudah sering dilakukan oleh lembaga Poros Muda. Kita berharap semoga kebaikan ini tidak di politisi, karena ini atas dasar keiklasan tanpa niat untuk ria.

Kegiatan ini, sebut H Mukhlis, diluar hubungannya dengan politik karena kami sangat ikhlas membangun rumah ibu Dahniar dan tidak mengharapkan apapun dari beliau.

“Alhamdulillah selama ini, saya pribadi juga sudah banyak membantu masyarakat Bireuen, baik pembangunan dayah, mushalla, masjid dan pembangunan lainnya. Ini semua kami lakukan demi memenuhi keinginan masyarakat Bireuen,” ujar Pengusaha Bireuen ini.

Sementara Camat Makmur, Azmi SAg mengucapkan terima kasih kepada H Mukhlis dan Poros Muda Aceh yang sudah bersusah payah membangun rumah ibu Dahniar, sehingga terbangun dengan rapi.

“Kami selaku Pemerintah Kecamatan Makmur mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap bantuan rumah tersebut, semoga semua kebaikan ini di balas oleh Allah Swt,” sebut Azmi.

Raut wajar terharu yang diperlihatkan ibu Dahniar (54) sempat membuat suasana hening sejenak setelah sebagian hadirin kembali pulang. Beliau tidak bisa berkata-kata lagi saat memperlihatkan beberapa foto kenang-kenangan kepada media Rakyat Aceh, yang sudah dialbumkan oleh lembaga Poros Muda. (akh)