LHOKSEUMAWE (RA)- Dua pengungsi Rohingya yang tinggal di Kamp Pengungsian BLK Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, dikabarkan berhasil kabur pada Kamis (29/10) sekira pukul 14.25 WIB.

Kedua etnis Rohingya itu, yakni Umi Kummen Kumsum (18) dan Fatemah (20). Mereka adalah warga pengungsi Rohingya gelombang kedua yang terdampar di Pantai Ujong Blang Lhokseumawe.

Kepala Bagian Humas Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya Lhokseumawe, Marzuki, dikonfirmasi Rakyat Aceh, Kamis malam membenarkan, jika kedua pengungsi Rohingya itu berhasil kabur dari kamp penampungan. “Ya informasinya dua etnis Rohingya hari ini kabur,”ucapnya.

Sementara itu informasi yang dihimpun Rakyat Aceh, sekira pukul 15.15 Wib, aparat keamanan mendapatkan informasi dari anggota jaga jika ada dua wanita imigran Rohingya melarikan diri dari Kamp Pengungsian.

Kemudian, petugas langsung menuju kelokasi untuk melakukan pencarian terhadap kedua wanita imigran Rohingya tersebut, namun tidak ditemukan. Selanjutnya, sekira pukul 15.25 WIB, seluruh imigran Rohingya di perintahkan untuk keluar dari barak untuk di laksanakan pengecekan secara fisik oleh petugas jaga.

Pada saat dalam pencarian petugas keamanan, sempat ada masyarakat yang melihat kedua wanita imigran rohingya tersebut berkeliaran di seputaran lokasi penampungannya. Dimana, sekira pada pukul 14.25 WIB, dua wanita imigran rohingya keluar dari Shelter Pengungsi dengan alasan membeli minuman jus dengan menggunakan pakaian yang rapi.

Anehnya, pada bagian bawah baju dalam keadaan basah yang kemungkinan baru keluar dari semak-semak pada saat melarikan diri. Warga setempat juga melihat dua wanita imigran Rohingya berjalan ke arah halaman depan Masjid Syura Kandang, Gampong Meunasah Mee.

Sekira pukul 14.49 WIB, dua orang wanita imigran tersebut menuju halaman depan Masjid. Tidak lama kemudian, tampak seorang pria yang mengendarai sepeda motor tiba di halaman Masjid Syura Kandang. Lalu, kedua etnis Rohingya itu berlari dan menaikan sepeda motor Vario yang berada di depan halaman Masjid Syura Kandang.

Setelah kedua wanita imigran Rohingya itu naik ke sepeda motor milik seorang pria kabur keluar masjid yang ke arah Jalan Simpang Kandang. Bahkan, aksi kabur warga Rohingya itu juga sempat terekam oleh CCTV Masjid Syura Kandang. (arm/ra)