Korem 011/Lilawangsa Budidaya Lele untuk Ketahanan Pangan

PANEN LELE - Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro melalui Kasi Pers Letkol Caj Sadikin Bintang, melakukan panen lele di Gampong Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Rabu (28/10). FOR RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Korem 011/Lilawangsa terus berupaya memenuhi kebutuhan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan membudidayakan ikan lele di Lhokseumawe. Dengan memanfaatkan danau tak terpakai milik warga setempat, prajurit TNI mampu melakukan sedikit inovasi membuat kolam ikan lele untuk bibit lele di Gampong Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe.

Dalam usaha menjaga ketahanan pangan nasional, prajurit TNI dibawah komando Kasipers Korem 011/Lilawangsa Letkol Caj Sadikin Bintang melakukan budidaya ikan lele dan hasilnya akan mensuplai ke beberapa tempat usaha di Kota Lhokseumawe.

“Ini merupakan program yang di cetus oleh Danrem 011/Lilawangsa untuk memanfaatkan lahan yang ada demi mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan, kita awali dengan pembuatan kolam ikan lele,”kata Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro melalui Kasi Pers Letkol Caj Sadikin Bintang, Rabu (28/10).

Selain untuk ketahanan pangan, kata Letkol Caj Sadikin Bintang, progam ini juga merupakan salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk prajurit TNI dengan cara memanfaatkan waktu kosong untuk lebih produktif.

“Kita selalu mengintruksikan kepada seluruh prajurit TNI dan bahkan masyarakat akan lebih produktif untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada. Kan lumayan juga bila lahan kosong tersebut bisa dimanfaatkan menjadi lahan bernilai ekonomis,”katanya.

Ia juga berharap dalam memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri ini, tidak hanya sebatas memelihara ikan saja, akan tetapi juga bisa dilakukan dengan kegiatan lainnya seperti kegiatan bercocok tanam, berternak dan lain sebagainya.

“Kita juga berharap dengan apa yang kita lakukan dapat menjadi contoh bagi masyarakat. Dan Alhamdulillah, masyarakat sekitar juga sudah ikut melakukan budidaya ikan lele di kolam ini,” kata Letkol Caj Sadikin Bintang, dalam relisnya kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Selain itu, progam ini sangat bermanfaat bagi prajurit TNI dan masyarakat dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pemuda-pemuda di desa setempat. (arm/ra)