Masyarakat memadati masjid Gampong Sungai Lueng untuk perayaan maulid, Kamis (29/10) Ist

LANGSA (RA) – Perayaan maulid Nabi Muhammad Saw tahun 1442 H di Gampong (Desa) Sungai Lueng, Kecamatan Langsa Timur, berlangsung meriah. Ribuan masyarakat gampong setempat dan undangan dari gampong tetangga memadati masjid Sabilussalam, Gampong Sungai Lueng, Kamis (29/10).

Pantauan Rakyat Aceh, sejak pukul 11.00 WIB, warga sudah mulai berdatangan ke masjid gampong, membawakan berbagai menu makanan untuk dibagikan kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam perayaan ini. Kelompok zikir masyarakat dari gampong tetangga juga meramaikan perayaan maulid nabi dengan lantunan zikir dan shalawat.

Imam Chik Gampong Sungai Lueng, Tgk Syarifuddin mengatakan, perayaan maulid nabi ini merupakan syiar agama yang sudah menjadi tradisi di Aceh secara umumnya. Dimana tujuan dari perayaan maulid adalah untuk mengenang junjungan alam sebagai wujud kecintaan ummat kepada Rasulullah.

“Alhamdulillah, perayaan maulid di Sungai Lueng selalu ramai setiap tahunnya, karena kita semua sangat mencintai Rasulullah. Jadi tidak ada alasan untuk menghalangi perayaan kecintaan ini, karena dalam perayaan ini selain diisi dengan zikir dan shalawat, kita juga memanjatkan doa agar wabah Covid-19 ini juga segera berlalu,” sebut Tgk Syarifuddin.

Dijelaskannya, tradisi perayaan maulid dengan mengadakan kenduri nasi yang disumbangkan oleh seluruh masyarakat, sudah turun temurun dilaksanakan di Gampong Sungai Lueng. Bahkan untuk memeriahkan perayaan maulid ini, masyarakat juga berlomba-lomba untuk menyajikan menu makanan terbaik bagi pengunjung perayaan.

“Alhamdulillah perayaan maulid nabi berjalan sukses, sebelum waktu zuhur kegiatan sudah selesai, semua masyarakat juga telah mendapatkan bagian nasi bungkus untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing,” tuturnya, seraya mengharapkan dengan keberkatan perayaan maulid, wabah Covid-19 segera hilang. (dai/icm)