BIREUEN (RA) – Pemerintah Kecamatan Gandapura bersama lintas organisasi kepemudaan Kecamatan setempat, menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Maulid Nabi besar Muhammad SAW 1442 H di Mesjid Besar Taqwa, Desa Geurugok, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Kamis (29/10).

Amatan Rakyat Aceh, peringatan maulid tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Panitia juga didominasi para pemuda. Terdiri dari Remaja Mesjid Besar Taqwa, Ikatan Santri Gandapura (Isra), PK KNPI Gandapura, Karang Taruna Gandapura, dan beberapa organisasi kepemudaan lainnya.

Mengingat masa pandemi, kenduri maulid dilakukan dengan metode berbeda. Biasanya tamu undangan yang hadir disediakan tenda untuk makan bersama. Namun tahun ini, panitia membungkus makanan lengkap dengan menunya dan dibagikan secara tertib kepada masyarakat yang turut menghadiri acara tersebut.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan juga menerapkan protokol kesehatan (prokes). Didepan mesjid, sudah disediakan tempat cuci tangan portable untuk para tamu undangan.

Ketua panitia, Nurdin Bin Dagang dalam laporannya Kamis malam (29/10) menyebutkan, peringatan maulidur rasul merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahunnya di Kecamatan Gandapura. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur dan peduli sesama umat Nabi Muhammad SAW.

kegiatan ini, sebut Nurdin, diisi dengan kenduri maulid untuk masyarakat. Kemudian, Jumat malam ba’da Isya, kita juga menggelar Tausiah yang menghadirkan Abiya Muhammad Baidhawi, HM dari Pidie Jaya sebagai penceramah.

“Alhamdulillah berkat partisipasi panitia, serangkaian kegiatan berlangsung hikmah, tertib dan lancar. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi kita semua dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ujar Keuchik Din.

Ucapan terimakasih juga tidak lupa di utarakan Nurdin kepada seluruh warga Gandapura dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Berkat rasa kekompakan berbagai pihak, kegiatan ini sukses dilaksanakan.

Sementara itu, Camat Gandapura Mirza Fahmi, S.STP, M.Si dalam sambutannya mengatakan, peringatan Maulid Nabi ini sebagai wadah paling efektif untuk menambah kecintaan kepada Rasulullah.

“Serangkaian kegiatan dilaksanakan sederhana, namun terlihat mewah dengan motode kreatif yang dilakukan panitia. Pandemi yang melanda umat tidak menjadi halangan untuk mempersatukan masyarakat Gandapura, dan ini merupakan salah satu bentuk kecintaan umat Muslim kepada baginda Nabi Muhammad SAW,” ujar Mirza.

Menurutnya, peringatan Maulid Nabi tidak hanya sebatas menunjukkan kecintaan manusia kepada Rasulullah, tapi juga sebagai pengingat terhadap manusia untuk bisa menjadi suri teladan serta menakar seberapa dekat kita dengan sifat sifat yang dimilki Rasulullah.

“Semoga perayaan maulid Nabi Muhammad SAW ini, tidak hanya sekedar rutinitas tahunan saja. Akan tetapi, peringatan maulid dapat membawa dampak pada pembentukan karakter dan perilaku kita ke arah yang lebih baik lagi, agar kelak kita benar-benar mendapat Syafaat Nabi Muhammad SAW,” ujar Camat muda ini.

Kegiatan ini turut dihadiri, H Mukhlis Takabeya, Anggota DPRK Bireuen Dapil III, Ir M Yusuf Adam dan Ismail Adam, Kapolsek Gandapura Ipda Safrizal Ariga SH, personel Koramil Gandapura, Syech Muliadi selaku tokoh masyarakat Gandapura, dan tamu undangan lainnya. (akh)