Babinsa Kodim 0103/Acut Bina Petani Jagung“Masa Pandemi Covid-19”

TANAMAN JAGUNG - Sertu Muhammad Ali Nst, selaku Babinsa ikut membantu petani membersihkan lahan tanaman jagung yang dibina selama ini di Gampong Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Senin (2/11). FOR RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Dalam masa pandemi Covid-19, Kodim 0103/Aceh Utara (Acut) terus berupaya membantu petani untuk meningkatkan produksi ketahanan pangan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Sertu Muhammad Ali Nst, Babinsa di Gampong Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Sertu Muhammad Ali melakukan pendampingan terhadap masyarakat binaannya untuk menanam bibit jagung manis di lahan seluas 1 hektar di gampong setempat. Hal itu dilaksanakan sesuai dengan anjuran Pemerintah dimasa pandemi Covid-19, supaya para petani tetap menjaga produksi pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan.

“Atas dasar itulah, Babinsa sebagai aparat teritorial di wilayah menindak lanjuti dengan membantu memberikan dorongan motivasi kepada petani dengan memberikan pendampingan dibidang pertanian,”ucap Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto SAP melalui Danramil 01/Mst Kapten Inf L Purba, kepada Rakyat Aceh, Senin (2/11).

Ia mengatakan, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, petani harus produktif untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan pertanian yang ada. Diharapkan produksi pertanian juga terjaga untuk mendukung kebutuhan pokok masyarakat.

“Babinsa kita arahkan selalu dekat dengan masyarakat, ya salah satunya melaksanakan pendampingan petani agar tetap produktif dimasa pandemi Covid-19,”kata Danramil.

Sebutnya, keberadaan Babinsa di gampong atau desa itu selain memonitor dan memantau perkembangan Covid-19, ekonomi masyarakat dan juga ikut membantu pemerintah dalam penyaluran bantuan diwilayahnya.

Sementara Amrul selaku petani setempat, mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 01/Mrs yang telah ikut membantu para petani untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian. (arm/ra)