Menangkal Covid-19 di Gampong Geuchik Perketat Prokes dan Gencar Sosialisasi

Geuchik Gampong Baro, Wahyu Sadli saat menyerahkan tempat cuci tangan kepada kepala dusun. Rakyat Aceh/Ray Iskandar

LANGSA (RA) – Ditengah pandemik Covid-19, masyarakat diharuskan selalu memakai masker saat beraktifitas diluar rumah. Sebab, jika tidak diindahkan imbauan ini, berdampak bagi kemaslahatan semua orang. Hal ini sebagaimana disampaikan Geuchik Gampong Baro, Wahyu Sadli.

“Yang tidak mau mempergunakan masker itu adalah orang egois,” terangnya di ruang kerja, Senin (02/11).

Menurutnya, memakai masker merupakan suatu bentuk keperdulian terhadap orang lain. Jadi pakai masker tersebut selain untuk jaga diri sendiri juga dapat menjaga orang lain.

Kata Wahyu, wajar jika yang tidak mau pakai masker tersebut disebut egois. Ia turut menceritakan, bila ada warga datang ke kantor Geuchik tidak pakai masker, maka tidak kita layani.

“Kita suruh pulang ambil masker dulu, namun ada juga yang kita berikan masker untuk digunakan baru kita layani,” ujar Wahyu.

Selanjutnya, terkait anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan, pihaknya benar-benar menjalankan di Gampong Baro. Ketegasan ini diambil semata-mata sebagai ikhtiah lekas bebas dari Covid-19.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada warga kami yang terpapar virus corona tersebut,” pungkasnya.

Dalam menghadapi wabah ini, saban waktu perangkat gampong setempat, dalam berbagai kegiatan, tetap sosialisasi protokol kesehatan. Pihaknya juga membuat spanduk sosialisasi agar warga tiap hari baca imbauan tersebut.

Bahkan, tegasnya lagi, setiap dusun dibagikan dua tempat cuci tangan. Jika ada pesta perkawaninan, protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat. (ris/icm)