Ditengah Pandemi Covid-19 Korem 011/LW Apel Pasukan dan Alutsista

CEK PERLENGKAPAN - Komandan Korem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, didampingi Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah, melakukan pengecekan perlengkapan pada Kamis (6/11). ARMIADI/RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Korem 011/Lilawangsa bersama Muspida Lhokseumawe dan Aceh Utara, ditengah pandemi Covid-19 melaksanakan apel Perlengkapan Pasukan dan Alutsista di Lapangan Sudirman Lhokseumawe, Kamis (5/11).

Dalam kegiatan apel itu, dipimpin oleh Komandan Korem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, SE. Turut dihadiri oleh Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto, Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, Kepala Dinas Sosial Aceh Utara, Zulkarnaini, Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah dan unsur terkait lainnya. Semua tamu undangan yang hadir juga harus mematuhi prokotol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, seperti memakai masker dan lainnya.

Usai apel, Danrem 011/Lilawangsa bersama Muspida melakukan pengecekan peralatan dan armada di Lapangan Sudirman setempat yang biasa digunakan pada kegiatan penanggulangan bencana.

Menurut Kolonel Inf Sumirating Baskoro, saat ini perlengkapan yang dimiliki sudah memadai. Walaupun ada beberapa perlengkapan yang kurang layak. “Ya sesuai keterangan pak Amir Hamzah Kepala BPBD Aceh Utara, seharusnya ada pengadaan sejumlah peralatan, tapi akibat sedang dilanda Covid-19 sehingga dana dialihkan,”ucapnya.

Selain itu, Danrem juga meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada jika terjadi bencana dilingkungan masing-masing. Apalagi, bencana kebakaran di Aceh selama ini juga masih sangat tinggi. Hal itu terjadi karena kebanyakan rumah masyarakat berkontruksi kayu.

“Jadi kebakaran terjadi dirumah maka jangan panik, seperti kebakaran yang disebabkan oleh kompor gas, maka langsung menyiram air dan basahi goni supaya basah ketempat kompor tersebut,”ucapnya.

Sementara itu, lanjut Sumirating Baskoro berdasarkan data statistik pada tahun 2020 di Indonesia telah terjadi bencana alam mencapai 2.059 kejadian. Namun, khususnya Aceh termasuk salah satu provinsi paling rentan terjadi bencana alam. (arm/ra)