Lima Gampong di Langsa Terendam Banjir

Wakil Walikota Marzuki Hamid saaat menyerahkan bantuan masa panik untuk masyarakat korban banjir, Kamis (5/11). Rakyat Aceh/Ray Iskandar.

LANGSA (RA) – Hujan deras melanda wilayah Kota Langsa dalam seminggu ini mengakibatkan meluapnya Krueng Langsa dan akibatnya lima gampong terendam banjir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun lima gampong yang terendam banjir itu antara lain, Gampong Pondok Pabrik, Gampong Pondok Kemuning, Gampong Sidodadi, Gampong Jawa dan Gampong Seulalah Bawah.

Geuchik Gampong Sidodadi, Rahmat Hidayat saat dihubungi wartawan, Kamis (5/11) mengatakan, gampongnya mulai dilanda banjir pada pukul 03.30 WIB dinihari, banjir telah merendam rumah warga sekitar lebih kurang 30 KK di gampong sidodadi dusun sadar.

“Saat ini Pemerintah Gampong sudah berkoordinasi bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR dan Basarnas untuk melakukan langkah – langkah penanganan warga yang berdampak banjir,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Marzuki Hamid mengatakan bencana alam tidak diketahui kapan akan datang, untuk itu kepada warga yang tinggal dibantaran sungai agar tetap waspada ketika musim hujan tiba.

Dikatakan, dalam sepekan ini curah hujan sangat tinggi di Kota Langsa. Untuk itu agar tetap waspad banjir. Pemko berupaya membantu masa panik. Dan untuk sementara melalui dinas sosial akan membantu dapur umum tersebut.

“Terkait korban banjir sedang didata oleh petugas, berapa rumah yang terendam. Karena sampai saat ini air terus naik, apalagi curah hujan kalau malam hari sangat tinggi di Kota Langs dan sekitarnya,” imbuhnya. (ris/min)