Banda Aceh (RA) – Gubernur Aceh Nova Iriansyah membuka kejuaraan menembak Perbakin Aceh, Sabtu (7/11/2020).

Kejuaraan ini memperebutkan piala Gubernur dan sekaligus pertama kali setelah Nova dilantik dua hari lalu, Kamis 5 Nopember oleh Mendagri Tito Karnavian.

‘Saya mengapresiasi kejuaraan menembak Perbakin Aceh yang diselenggarakan setiap tahun. Tradisi ini terus dilakukan bagi pengembangan atlet’, ujarnya.

Ia juga mengatakan even olahraga sekarang sangat erat kaitannya untuk disandingkan dengan pariwisata. Mulai saat ini dua kegiatan itu harus bisa sinergi sehingga mampu meningkatkan pendapatan secara bersamaan.

‘Sandingkan antara even olahraga dengan sport tourism dan sekaligus buat pembiayaan bersama sehingga saling sinergis dan punya outcome bersamaan’, jelas Nova.

Ke depan kita tidak boleh lagi tertinggal dan harus sinergi antara satu lembaga dengan lembaga lainnya sehingga keduanya hasil akhir adalah
sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pembangunan.

Ke depan tambah Nova, Aceh empat tahun lagi menjadi tuan rumah bersama Sumut
PON 2024 tentu ada orientasi pelaksana yang terukur, perencanaan yang matang dalam pelaksanaan nantinya.

Nova juga menyampaikan kembali 15 program pemerintah Aceh 2017 – 2022 terangkum dalam RPJM dimana salah satunya program Aceh Teuga, diartikan ‘strong’, tangguh dan kuat.

Pada kesempatan itu Nova juga sempat turun menembak 17 meter dengan senjata air pistol api bersama Wakapolda dan Kasdam, Wakajati, Dan Lanud serta mitra kerja lainnya.

Terakhir memberi hadiah kepada juara menembak eksekutif dan meninjau atlet Perbakin Aceh yang sudah lolos PON XX Papua tahun 2021 di lapangan tembak tertutup Mapolda Aceh.

Sementara Ketua Harian Perbakin Aceh Tarmizi melaporkan kejuaraan ini merupakan seleksi seri pertama PORA 2022 di Pidie.

‘Mereka sebelum terjun akan diadakan seleksi kualifikasi diharapkan atlet menembak lolos seleksi sesuai targetnya bagi kabupaten/kota yang kemarin hampir semua kabupaten dan klub ikut dalam kejuaraan ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. (imj)