Peringatan Anniversary ke-17 Masa Pandemi, Altaduriga Bireuen Santuni Anak Yatim

BIREUEN (RA) – Dalam rangka memperingati Anniversary ke-17, Personel Koramil Lingkungan Kabupaten Bireuen yang tergabung dalam Alumni Tamtama Leting 2003 (Altaduriga), menyantuni puluhan anak yatim dari Dayah Syamsul Maarif Al Ahmad (Syama) Gandapura.

Kegiatan ini berlangsung di De Kontana Cafe, Minggu (8/11) dengan mengedepankan penerapan Protokol kesehatan (Prokes).

Amatan media, sebelum makan bersama dengan puluhan anak yatim, acara dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh pimpinan Dayah Syamsul Maarif Al Ahmad (Syama) Gandapura, Tgk Syeh Boihaki. Kemudian makanan diberikan kepada ketua Altaduriga dan dilanjuti kepada beberapa personel lainnya.

Serangkaian kegiatan dilaksanakan sederhana, namun terlihat mewah dengan motode kreatif yang dilakukan personel Altaduriga Bireuen. Pandemi yang melanda umat tidak menjadi halangan untuk mereka melakukan kebaikan.

Ketua Alumni Tamtama Leting 2003 (Altaduriga), Koptu Kastono kepada Rakyat Aceh mengatakan, perayaan Anniversary merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tanggal 08 November.

Disebutkan, sebagai wujud rasa syukur sesama angkatan sekaligus reuni bersama, Altaduriga merayakannya dengan mengundang anak yatim piatu untuk disantuni. Hal ini dilakukan sehubungan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H.

“Alhamdulillah berkat partisipasi kawan-kawan se-angkatan, kegiatan berlangsung hikmah, tertib dan lancar. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi kita semua, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ujar Koptu Kastono.

Ia berharap, semoga kegiatan seperti ini tidak hanya sekedar rutinitas tahunan saja. Akan tetapi dapat membawa dampak pada pembentukan karakter dan perilaku kita ke arah yang lebih baik lagi, sehingga kita selalu solid, kompak dan setia.

Sementara Pimpinan Dayah Syamsul Maarif Al Ahmad (Syama) Gandapura, Tgk Syeh Boihaki mengucapkan rasa terima kasih kepada para personel Alumni Tamtama Leting 2003 (Altaduriga) Kodim 0111/Bireuen yang telah mengundang para santri yatim, untuk disantuni dan diajak makan bersama.

“Ucapan terima kasih kepada personel Altaduriga Kodim 0111/Bireuen, yang telah memilih mengundang para santri di dayah kami. Semoga kebaikan saudara mendapat keberkahan dan di ridhai oleh Allah Swt,” sebut Syeh Boy.

Informasi dihimpun media ini, Dayah Syamsul Maarif Al Ahmad (Syama) berlokasi di Jalan Gle Kuprai, Duson Cot Leupe, Desa Tanjong Bungong, Kecamatan Gandapura. Dayah ini merupakan salah satu dayah di Kabupaten Bireuen yang sanggup dan berani menampung santri yatim, piatu, fakir, miskin, kaum duafa, bahkan santri cacat fisik juga diterima mondok di dayah tersebut tanpa dipungut biaya. (akh)