Haul Cut Nyak Dhien ke 112 Tahun,Mahasiswa USCND Ziarahi Makam Cut Nyak Dhien

Mahasiswa USCND Langsa saat membacakan doa di makam pahlawan Cut Nyak Dhien, Minggu (8/11). IST/RAKYAT ACEH

LANGSA (RA) – Memperingati Hari Ulang Tahun (haul) pahlawan nasional asal Aceh, Cut Nyak Dhien ke 112 tahun. Mahasiswa Universitas Sains Cut Nyak Dhien (USCND) Langsa melakukan ziarah ke makam Cut Nyak Dhien di Sumedang, Jawa Barat, Minggu (8/11).

Ketua PEMA USCND Langsa, M Kamalul Razzaq, saat memimpin ziarah makam pahlawan Cut Nyak Dhien kepada Rakyat Aceh via telepon selularnya mengatakan, selain memperingati haul ke 112 tahun Cut Nyak Dhien, kunjungan ziarah makam ini juga untuk membacakan tahlil, samadiah dan doa kepada almarhumah yang sudah tenang di alam barzah.

“Alhamdulillah, kehadiran kita ke makam pahlawan Cut Nyak Dhien ini disambut baik oleh penjaga makam Asep Kusnandar. Beliau memfasilitasi kami untuk masuk dalam area makam dan membacakan tahlil dan doa, serta sedikit kenduri sebagaimana tradisi kita di Aceh,” sebut Kamalul.

Kata Kamalul, ziarah makam pahlawan Cut Nyak Dhien ini bukan sekedar ritual seremoni, namun lebih dari itu untuk mengambil pelajaran atas semangat perjuangan yang dilakukan oleh almarhumah di masa hidupnya dalam melawan penjajah, sebelum akhirnya ditangkap dan diasingkan ke Sumedang, Jawa Barat oleh Belanda.

Menurut Kamalul, sampai saat ini semangat juang yang diwariskan oleh Cut Nyak Dhien dimasa lalu dan membuat penjajah kewalahan, masih tertanam dalam semangat juang generasi Aceh. Sehingga, masyarakat Aceh tetap optimis dalam mengisi kemerdekaan dan menjaga nilai-nilai perjuangan yang diwariskan.

“Setelah kunjungan ziarah tahun ini, kami dari PEMA USCND berkomitmen untuk melakukan kunjungan ziarah ke makam pahlawan Cut Nyak Dhien setiap tahunnya. Beliau adalah pahlawan bangsa yang harus dikenang setiap saat, jangan sampai generasi Aceh kedepan lupa dan melupakan pusaranya yang berada di Sumedang,” demikian Kamalul. (dai/icm)