Kelompok KKN 061 Unimal Sosialisasi Prokes Covid-19

CUCI TANGAN - Kelompok KKN 061 Unimal, mengajarkan kepada murid di TK di Gampong Krueng Seunong, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan pakai sabu. FOR RAKYAT ACEH.

ACEH UTARA (RA)– Kelompok 061 beranggotakan 7 mahasiswa Fakultas Hukum Unimal, melaksanakan KKN di Gampong Krueng Seunong, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Kini sudah memasuki pekan ketiga Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dalam kegiatan KKN itu, 7 mahasiswa Fakultas Hukum Unimal, yakni Jhonny Pratama, Muhammad Fadli, Suci Asrina, Jefri Mulya, Maulana Azman, Dara Wulandari, Ema sinlis Junita Br. Sitepu, juga sudah menjalankan sejumlah program kerjanya di gampong setempat. Salah satunya, seperti memberikan sosialisasi tentang protokol kesehatan (Prokes) dan pencegahan Covid-19 untuk Taman Kanak-Kanak (TK) Gampong Krueng Seunong, Kuta Makmur, Aceh Utara.

Mahasiswa yang KKN ini mengimbau kepada guru dan murid di TK supaya menggunakan masker saat berada di dalam maupun di luar ruangan belajar. Itu semua perlu dilakukan pencegah penyebaran virus Covid-19. Dalam kesempatan itu, Kelompok 061 ini juga membagikan masker kepada guru dan murid di TK serta melakukan pengadaan tempat cuci tangan berserta sabun dan hand sanitizer.

Jhony Pratama Surbakti selaku Kelompok 061, mengatakan, pihaknya juga mengajarkan kepada seluruh murid di TK tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. “Kami meminta kepada murid TK untuk selalu mencuci tangan ketika mau memasuki ruang kelas dan sebelum makan agar terhindar dari kuman maupun bakteri jahat,”ucapnya, kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Menurut dia, awalnya murid TK terkesan takut dan malu-malu dengan kedatangan kelompok KKN 061. Namun setelah berinteraksi, mereka sangat antusias terlebih lagi saat di ajak bermain dan mendapatkan hadiah dari kelompok KKN. “Kita memberikan hadiah/reward kepada adik-adik yang bisa menjawab pertanyaan yang kami berikan. Alhamdulillah itu sangat berdampak bagi psikologis mereka sehingga lebih mudah untuk menyampaikan sosialisasi Prokes Covid-19,”katanya.

Baca Juga...  Petani Garam Dapat Bantuan Mesin Alkon Dari Dandim 0115 Simeulue

Sementara itu, Kepala TK Gampong Krueng Seunong, Fatimah, mengucapkan terimakasih atas kehadiran kelompok KKN 061 untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19. “Semoga kita semua diberikan kesehatan dan covid-19 segera berlalu,”ucapnya.

Dilokasi terpisahg, dosan pembimbing lapangan kelompok 061, Defi Irwansyah S.T M.Eng, juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh kelompok KKN yang di bimbingnya. “Kegiatan yang dilakukan ini sangat positif bagi anak-anak TK, karena dengan memberikan imbauan sekaligus bermain maka anak-anak tersebut akan lebih mudah memahami, karena pada dasarnya anak-anak apalagi anak TK masih suka bermain,”katanya. (arm/ra)