9.032 Hektar Sertifikat Tanah Kombatan GAM Diserahkan

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan sertifikat tanah bagi masyarakat, Senin (9/11). (Imran joni/rakyat aceh)

BANDA ACEH (RA) – Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan lahan untuk kombatan GAM sudah disediakan 9.032 hektar tersebar di sembilan kabupaten/kota.

“Ini komitmen Pemerintah Aceh bersama Kanwil Pertanahan dan Dinas Pertanahan Aceh,” ujar Nova usai menyerahkan 38 ribu sertifikat untuk masyarakat Aceh, Senin (9/11).

Kata Nova pemerintah Aceh terus melakukan apa yang tertuang dalam 13 program pemerintahan Aceh, salah satunya menyediakan lahan bagi kombatan untuk bisa berusaha dalam bidang pertanian dan perkebunan.

“Pemerintah Aceh telah menyiapkan lahan sesuai amanah perjanjian damai RI dan GAM’, sebut Nova.

Gubernur menambahkan ia banyak mendapat keluhan masalah sengketa tanah di Aceh. Baik antar warga, perusahaan dengan warga sekitar maupun antara pemerintah gampong dengan lainnya. Walaupun dapat diselesaikan lewat jalur hukum namun masih ada yang belum terselesaikan dengan baik.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanahan pada bulan Maret lalu juga telah dibuat aplikasi SIM tanah sebagai tanda mempermudah proses pengajuan sertifikat.

Sementara Kepala Kanwil BPN Aceh Agustiarsyah memyebutkan lahan untuk mantan GAM ada di masing-masing kabupaten/kota yang kini sudah diinput dan nantinya siap diserahkan.

Kita harapkan dengan kerja keras aparaturnya mungkin akhir tahun ini atau tahun depan sudah dapat dibagikan.

Ia menambahkan secara nasional hari ini juga Presiden Jokowi menyerahkan simbolis 1 juta sertifikat dan Aceh dapat jatah 20 ribu sertifikat program PTSL. Masih sisa 4.000 sertifikat lagi dan akan diselesaikan Desember tahun ini. (imj)