Akmal Serahkan Sertifikat Program PTSL

 Bupati Akmal saat menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada warga Jeumpa, di pendopo setempat, Senin (9/11). Rakyat Aceh/rahmat.

BLANGPIDIE (RA) – Bupati Abdya Akmal Ibrahim bersama Badan Petanahan Nasional (BPN) setempat menyerahkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara simbolis kepada masyarakat Desa Cot Mane, Kecamatan Jeumpa Kabupaten setempat, Senin (9/11).

“Pegang ini supaya tidak ada lagi keributan dakwa-dakwi,” katanya sambil tertawa saat menyerahkan kepada lima warga Jeumpa.

Disebutkan Akmal, sertifikat ini sebagai salah satu bentuk komitmen tugas dan fungsi untuk memberikan pelayanan utama kepada masyarakat dalam membantu menyelesaikan administrasi kepemilikan tanah yang sudah tentu menjadi hak-hak masyarakat.

Akmal menghimbau agar warga jangan sampai terpancing isu-isu menyesatkan terkait biaya, yang akhirnya membuat ribut dan jadi persoalan yang tidak baik.

“Kita dukung program-program seperti ini, jangan hanya disoroti negatif saja. Manfaatkan dengan baik atau disimpan dengan baik. Jika perlu dibuat agunan, jangan untuk kredit konsumsi, tapi manfaatkan untuk memulai atau menambah modal usaha,” ujarnya.

Kepala BPN setempat Zulkhaidir, menyebutkan, untuk tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 3000 an bidang. Kemudian ditahun 2021 sekitar 2.500 bidang.
“Tapi ini meluncur terus sampai 2024 mendatang, karena ini program pemerintah,”sebutnya.

Disebutkan, pihaknya akan selalu siap dalam menyukseskan program tersebut. “Dari jumlah 3000 an itu, yang terealisasi tahun ini sebanyak 1.600 bidang tanah dari target 2.500.

“Artinya, kita sudah melakukan semaksimal mungkin sebanyak 60 persen yang sudah terealisasi,” tuturnya.

Menurutnya, tidak mencapai target 2.500 bidang tersebut dikarenakan tidak lengkapnya ADM masyarakat, dan juga terjadinya pemotongan anggaran akibat Covid.

“60 persen sudah mencapai target. Karena kita bekerja sesuai dengan anggaran yang ada tahun ini,” sambungnya.

Adapun masyarakat yang menerima sertifikat tanah gratis pada tahun ini ada empat desa diwilayah Jeumpa, diantaranya warga Cot Mane, warga Alue Selaseh, warga Alue Rambot dan warga Ladang Nebok. (mat/rus).