Amru Minta Kolonel Muhamad Din jadi Pahlawan Nasional

Amru berikan bingkisan kepada veteran Gayo Lues.IST/RAKYAT ACEH

BLANGKEJEREN (RA) – Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, minta pemerintah pusat agar Kolonel Muhammad Din menjadi pahlawan nasional.

Kolonel asal Gayo Lues ini merupakan salah satu pendiri TNI. Semua rekannya sudah ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

Permintaan tersebut disampaikan H Muhammad Amru, saat irup pada peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Gayo Lues, Selasa (10/11).

Dirinya minta dukungan seluruh masyarakat Gayo Lues untuk mendorong agar para pejuang kemerdekaan Gayo Lues di angkat menjadi pahlawan nasional.

Kolonel Muhammad Din, selama kemerdakaan RI berjuang bersama anggotanya pejuang lainnya dari Gayo Aceh dan Medan di pertempuran Medan Area mengusir dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Kami akan memperjuangkan semaksimal mungkin Kolonel Muhammad Din menjadi pahlawan nasional. Saya sudah perintahkan Sekda dan dinas terkait untuk mempelajari dan mengusulkan agar Kolonel Muhammad Din menjadi pahlawan,” kata Amru.

Amru sebut, Kolonel Muhammad Din bersama pejuang lainnya asal Gayo Lues merupakan pahlawan bagi masyarakat Gayo dan Indonesia. Untuk itu, Amru mengajak seluruh pihak untuk turut ikut dan mendukung agar Muhammad Din ditetapkan menjadi pahlawan.

Terkait dengan usulan pahlawan nasional, Kolonel Muhammad Din, Kepala Dinas Sosial, Sukri menyebutkan, akan berupaya untuk menghimpun syarat-syaratnya salah satunya profil Kolonel Muhammad Din yang memuat sejarah perjuangan Kolonel Muhammad Din dan syarat lainnya. “Setelah syarat mencukupi barulah kita ajukan,” kata Sukri. (yud/bai)