Covid-19, Tempat Wisata Tak di Tutup

Ketua Satgas Covid-19 Pidie Jaya, Okta Handipa

MEUREUDU (RA) – Selama masa pandemi Covid-19, di Kabupaten Pidie Jaya tidak ada penutupan atau pelarangan operasi tempat wisata. Namun, tetap dilakukan razia protokol kesehatan. Ketua Pusdalops Satgas Covid-19 Pidie Jaya, Okta Handipa mengatakan, tidak ada penutupan atau larangan beroperasi tampat-tempat wisata di Kabupaten Pidie Jaya.

“Belum ada yang kita tutup. Namun, tetap kita lakukan razia protokol kesehatan,” kata Okta, Selasa (10/11)

Bagi pelaku usaha dan pengunjung di tempat wisata yang melanggar protokol kesehatan akan diberi sanksi, berdasarkan peraturan bupati (Perbup) Pidie Jaya, Nomor 27 tahun 2020 tentang penerapan dan penegakan hukum protkes.

“Disporapar juga sudah menyurati serta berkordinasi dengan pengelola tempat wisata, menghimbau pelaku usaha dan pengunjung dalam pelaksanaan prokes,” ujarnya.

Adapun sanksi bagi perorangan yang melanggar pelaksanaan protokol kesehatan berdasarkan Perbub Pidie Jaya, Nomor 27 tahun 2020 yaitu berupa teguran lisan, kerja social, dan sanksi adminstratif maksimal Rp 50.000.

Sementara sanksi untuk pelaku usaha, pengelola, penyelenggaranatau penanggung jawab fasilitas umum yaitu teguran lisan, teguran tertulis, denda administratif Rp 100.000-Rp 200.000, penghentian sementara operasional usaha, dan terakhir adalah pencabutan izin usaha.

“Penarapan sanksi tersebut dilakukan secara bertahap, dan dilakukan oleh satpol PP dan WH,” tutupnya. (san/icm).