Kelompok KKN 348 Unimal Ajarin Cara Produksi Hand Sanitizer

BUAT HAND SANITIZER - Mahasiswa dari kelompok KKN 348 Unimal, mempraktekkan pembuatan hand sanitizer dan sabun cuci piring di Kantor Geuchik Blang Naleung Mameh Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe. FOR RAKYAT ACEH.

Cegah Penyebaran Covid-19

LHOKSEUMAWE (RA)- Mahasiswa dari kelompok KKN 348 Skema Covid-19 Universitas Malikussaleh (Unimal) memberikan edukasi Covid-19 yang disertai pembuatan hand sanitizer dan sabun cuci piring kepada ibu-ibu PKK dan anak-anak. Kegiatan itu berlangsung di Gampong Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, pada Kamis (5/11) lalu.

Mahasiswa KKN Kelompok 348 ini dibimbing oleh dosen Sofyan Jafar S.H , M.H, berjumlah 7 orang yaitu Jariman Turnip (Sistem Informasi) , Rahmadhani (Teknik Kimia) , Zukhrufi Dina Nst (Teknik Kimia), Salihaton (Ilmu Hukum), Rizatul (Teknik Elektro), Bayu Segara (Akuakultur) dan Ferdiansyah Qudrah (Sistem Informasi).

“Kehadiran kami untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Lhokseumawe, mahasiswa KKN Unimal 348 melakukan edukasi Covid-19 kepada masyarakat setempat khusunya ibu-ibu PKK dan anak anak,”ucap Ketua Kelompok 348 KKN Unimal, Ferdiansyah Qudrah kepada awak media, kemarin.

Ia mengatakan, pihaknya juga mempraktekkan pembuatan handsanitaizer dan sabun cuci piring yang dilaksanakan pada Kamis lalu di Kantor Geuchik Blang Naleung Mameh Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe. Setelah semua bahan untuk hand sanitizer dan sabun cuci piring disiapkan. Lalu di campurkan dalam satu wadah selanjutnya dilakukan pengadukan agar bahan handsanitizer tersebut menjadi homogen (Larut) dan dikemas kedalam botol.

Untuk penyerahan Hand Sanitizer kepada Ibu PKK dilakukan langsung oleh Sofyan Jafar S.H , M.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 348.

“Ini merupakan salah satu kegiatan dari program kerja yang ingin kami lakukan, karena membantu dalam kepentingan masyarakat seperti menyangkut kesehatan juga merupakan tujuan dari KKN itu sendiri,”ucap Ferdi.

Sebutnya, kegiatan ini bertujuan untuk saling bersilaturahmi dengan masyarakat di Blang Naleung Mameh dan memberikan arahan, pandangan baru mengenai bahaya dan dampak Covid – 19 itu sendiri. “ Seperti yang kita ketahui bersama selama ini semakin banyak beredar informasi dimedia terkait pasien positif Covid-19 yang terus bertambah setiap hari,”katanya.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, seperti memakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak serta jika baru pulang dari zona merah, supaya menjalani isolasi mandiri. (arm/ra)