Stok Darah Menipis di Masa Pandemi, Mahasiswa Gelar Aksi Donor Darah

BIREUEN (RA) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) Kelompok 146 bekerjasama dengan lembaga Gerakan Pemuda Peduli Masyarakat (GPPM) Bireuen, melaksanakan kegiatan donor darah di Alun-alun Kota Bireuen, Kamis (12/11).

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09:00 WIB hingga siang hari dan berhasil mengumpulkan 43 kantong darah, yang nantinya akan diserahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen.

Amatan media, mahasiswa kelompok 146 yang diketuai Andi Juanda dari Prodi Teknik Elektro Unimal bersama rekan-rekan lainnya, terdiri dari Rayya Trianda (pendidikan dokter), Yuldasari (akuntansi), Riva Zaura (administrasi publik), Maulinda (ilmu hukum), Qadhafi Irfannur Hatta (ilmu hukum) dan Novriadi (teknik elektro) saling bersinergi dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Ketua panitia Andi Juanda mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), kami berinisiatif mengadakan kegiatan Donor Darah. Sementara tujuan dari kegiatan ini, guna membantu menambah stok darah yang semakin menipis pasca mewabahnya pandemi covid-19.

Disebutkan, mahasiswa akan terus berupaya untuk melakukan hal positif dan bermanfaat kepada masyarakat di masa pandemi ini.

“Hasil darah yang terkumpul nantinya, akan disimpan di bank darah UTD RSUD dr Fauziah Bireuen sebagai persediaan jika masyarakat membutuhkan darah, termasuk pasien yang mungkin dinyatakan positif Covid-19. Aksi ini diharapkan bisa membantu pihak rumah sakit dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat,” ujar Juanda. (akh)