BANDA ACEH (RA) – Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter (SR) mengguncang Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (14/11) pukul 01.30 WIB.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (disingkat BMKG), lokasi gempa berada pada 30 kilo meter barat laut Banda Aceh dengan kedalaman 10 Km.

Menurut BMKG gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun masyarakat diminta mewaspadai adanya gempa susulan.

Goncangan gempa sangat dirasakan oleh warga Aceh Besar, khususnya yang berada di kawasan pesisir seperti kecamatan Baitussalam dan Masjid Raya. Masyarakat di sana, cukup dibuat kaget dengan fenomena alam tersebut, apalagi goncangannya mulanya terasa seperti ada yang jatuh ke tanah dan kemudian beberapa detik tanah dan bangunan seperti bergoyang.

“Kaget pastinya, anak – anak juga langsung terbangun saat terjadi goncangan,” kata Fitri salah seorang warga Baitussalam kepada Rakyat Aceh. Com.

Saat gempa terjadi, dirinya dan suami
sempat melihat ke luar rumah untuk memastikan kondisi aman, apalagi kawasan tempat mereka tinggal hanya berjarak beberapa Km saja dari bibir pantai.

“Mungkin karena terjadi dini hari, banyak masyarakat tidak merasakan adanya gempa, karena mereka sedang istirahat,” demikian ujarnya. (sem)