Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 15 Nov 2020 08:40 WIB ·

UKM Inkubator Gelar Seminar Series UMKM Aceh


 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Inkubator Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) gelar Seminar Series UMKM Aceh, Sabtu (14/11/2020). FOR RAKYAT ACEH Perbesar

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Inkubator Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) gelar Seminar Series UMKM Aceh, Sabtu (14/11/2020). FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) –  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Inkubator Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sukses mengadakan Seminar Series UMKM Aceh, Sabtu (14/11/2020).

Adapun tema yang diusung adalah “Potensi UMKM dan IKM Aceh dalam Memenuhi Kebutuhan Pasar di Masa Pandemi” Kegiatan ini dimoderatori oleh Dinaroe SE,MBA.Ak.CA.,dan diisi oleh 3 pemateri hebat yaitu Gubernur Aceh yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Aceh Dr Wildan MPd, kemudian

Dr.Iskandarsyah Madjid selaku Akademisi/Direktur UKM Center Unsyiah, serta Teuku Dharul Bawadi yang merupakan Ketua Asosiasi IKM Aceh.

Melalui platform LIVE via Zoom dan Youtube channel, acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Unsyiah, Ir. Alfiansyah Yulianur BC.

Dalam kesempatan itu, Wildan menyampaikan pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan ekonomi dunia menjadi minus. Salah satu yang terkenaimbasnya adalah pelaku UMKM yang telah mengalami penurunan omset dari 50% hingga 100%. Akibatnya, banyak pelaku UMKM/IKM yang kini ‘istirahat’ sejenak dalam menjalankan usaha yang menjadi sumber mata pencaharian mereka.

Menurut Wildan, salah satu solusi bagi UMKM dalam menghadapi pandemi ini adalah dengan menggunakan pasar digital yang disediakan oleh pemerintah pada laman web acehsell.co.id, yang saat ini telah diisi lebih dari1.400 produk untuk dipasarkan.

Hal ini, menurutnya, menjadi bukti bahwa Pemerintah Aceh telah berusaha merancang strategi terbaik untuk membantu pelaku UMKM.

Wildan juga menambahkan beberapa solusi lainnya seperti bantuan sosial dari pemerintah nasional dan kebijakan moneter dengan memberikan insentif pengurangan pajak.

Direktur UKM Center Unsyiah, Iskandarsyah juga turut prihatin dengan adanya pandemi ini dikarenakan merendahnya daya beli masyarakat telah memberi dampak negatif bagi seluruh para pelaku UMKM.

Namun, dirinya yakin bahwa pelaku UMKM pasti mampu membantu meningkatkan perputaran ekonomi jika saling membantu untuk membuka pasar yang lebih jauh, sehingga produk – produk mereka mampu dijual dengan jangkauan yang lebih luas.

Hal senada juga disampaikan Ketua Asosiasi IKM Aceh, Bawadhi, ia mengatakan bahwa UMKM-IKM Aceh harus bisa Bersatu dan saling berkolaborasi antar Instansi.

Kemudian, didukung dari para pemerintah terhadap UMKM-IKM juga sangat berpengaruh besar dalam memajukan ekonomi Aceh. Seminar nasional ini juga sekaligus menjadi pembukaan untuk acara ENFEST INKUBATOR yang akan diadakan selama 14 – 05 Desember 2020.

Walaupun dilaksanakan secara daring, kegiatan ini tetap disemarakkan dengan berbagai kegiatan menarik yakni Webinar terkait UMKM, Youngpreneur, Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan Mahasiswa, Internasional, dan Entrepreneurship.

Kemudianada Workshop Business Caseserta perlombaan menarik seperti Business Case, Make Up, dan Photography competition. Dan di penghujung acara nanti, Inkubator akan mempersembahkan Virtual City Tour dan Talkshow Pariwisata.

Acara ini mendapat dukungan serta respon yang sangat positif dari berbagai pihak baik itu masyarakat, akademisi, serta pemerintah Kota Banda Aceh yang sangat mengapresiasi semangat UKM Inkubator untuk terus berkreasi dan memberikan karya terbaiknya meskipun dunia kini tengah dilanda wabah Covid-19.

Harapannya, Acara ENTFEST INKUBATOR ini dapat menjadi bentuk aksi nyata dari UKM Inkubator dalam membantu program pemerintah untuk terus aktif berinovasi di masa pandemi, serta untuk mengajak seluruh kalangan masyarakat agar tetap semangat dan terus belajar meningkatkan bisnisnya supaya dapat menjadi sosok wirausahawan yang mandiri, kreatif/inovatif dan berkarakter mulia. (ril/ra)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Epson Indonesia Sajikan Bukber Spektakuler, Sinergi Bersama Media dan Hikmah Ramadan

28 March 2024 - 13:45 WIB

Tips Berkendara Aman Saat Bulan Puasa

28 March 2024 - 13:15 WIB

Ramadan Penuh Makna, The Reiz Suites, Artotel Curated Medan Bagikan Sembako Ke Beberapa Rumah Tahfidz Dan Panti Asuhan

28 March 2024 - 11:38 WIB

Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan

28 March 2024 - 00:01 WIB

PLN UID Aceh Siap Mendukung PON XXI Aceh – Sumut 2024

27 March 2024 - 17:13 WIB

Trending di EKBIS