Amiruddin bertemu Abi Depi, Kuasa Drama Baru Dimulai

Ketua Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh Barat Amiruddin ST bersama Ketua Kadin Aceh Barat Teuku Aku Devi atau akrab disapa Abi Depi. Meulaboh, petang Senin (16/11).

Meulaboh – Petang itu, angkasa langit Meulaboh, Aceh Barat, terlihat mendung menyejukkan. Namun tidak di meja warung bandrek kopi, tepi jalan Imam Bonjol Meulaboh, sekitar pukul 17.30 Wib, Senin (16/11).

Terlihat Ketua Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh Barat Amiruddin ST duduk bersama Ketua Kadin Aceh Barat Teuku Aku Devi atau akrab disapa Abi Depi oleh masyarakat setempat. Menyeruput kopi dan bandrek duduk berhadapan.

Memang di meja tersebut tidak hanya terlihat duduk berdua saja, karena masih ada beberapa teman lain turut terlibat dengan alur suasana canda tawa–kecil, mencairkan suasana hati penuh misteri. Namun, aktor utama di babak awal pertemuan ini, tetap Amiruddin dan Abi Depi.

Amiruddin ST dikenal sosok visioner kemajuan ekonomi penduduk setempat, dengan segudang jenis bidang usaha hasil kajiannya, yang tergolong pantas ditiru oleh kalangan masalah menengah kebawah.

Sedangkan Abi Depi, dinilai juga menarik, selain seorang pengusaha sukses, ia juga terlihat cakap dalam setiap membangun komunikasi dengan masyarakat luas, tanpa mengedepankan ambisi dari sifat manusiawi.

“Kami hanya duduk minum bandrek dan ngopi saja,” jawab Abi Depi sambil tersenyum kecil.

Apakah jawaban itu, sudah sempurna ataukah belum!?! Ditambah ekspresi saling menatap satu sama lain di meja tersebut, sambil tersenyum kecil. Seakan-akan menutup suatu rencana. Pancaran aura kehati-hatian sangat kental terasa. “Ini dengan wartawan harus hati-hati jawabnya. Harus terkonsep,” kata Abi Depi disambut tawa rekannya.

Ia mengaku pertemuan tersebut hanya sebatas membahas pengembangan bisnis udang vaname di kawasan pantai barat Aceh. “Karena kalau kita ingin membangun Aceh, tidak bisa sendiri-sendiri, harus bersama dan saling mendukung,” jelasnya.

Abi Depi juga menuturkan, dunia politik itu sangat fleksibel tidak ada yang tidak mungkin, semua hal dapat terjadi. Di saat penjelasan itu, seorang penikmat kopi lainnya, sempat bergumam, “Ini duduk tahap awal, mungkin ada tahap selanjutnya,” cetus pria lanjut usia berpeci hitam.

Baca Juga...  Tiga Tersangka Penambang Illegal Ditangkap

Sebagai informasi, selain pengusaha sukses, seni diplomasi Abi Depi tidak dapat dipandang sebelah mata. Kepribadian ini dapat dilihat ketika ia mampu menjamu beberapa kali, saat Ketua Umum DPA Partai Aceh Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem, berkunjung di Meulaboh.

Bahkan, sudah menjadi rahasia umum, kalau ia memiliki hubungan keluarga spesial dengan Ketua DPD II Golkar Aceh Barat Said Rizqi Saifan, dan bahkan juga sangat dekat dengan H. Tito merupakan mantan Bupati Aceh Barat periode 2012-2017.

Apakah pertemuan itu ada kaitan dengan memuluskan kembali H. Tito menjadi kepala daerah kedepan? Atau semata membahas pengembangan bisnis udang vaname semata.

Yang jelas, dibalik senyuman kecil Amiruddin ST dijamuan itu, sangat kental terpancar ekspresi kurang memuaskan. Namun ia tetap konsisten berucap, jika pertemuan itu hanya sebatas membatas bisnis, tanpa ada kaitan dunia politik. “Ini hanya duduk membicarakan bisnis, tidak ada politik,” jawabnya singkat sambil meninggalkan meja.(den)