Rumah Warga Blang Mane Rusak Diterjang Longsor

Petugas BPBD Kabupaten Bireuen bersama masyarakat mengevakuasi rumah warga rusak akibat longsong dan tertimpa pohon di Desa Blang Mane, Kecamatan Peusangan Selatan, Kabupaten Bireuen, Sabtu (14/11). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Hujan deras melanda Desa Blang Mane, Kecamatan Peusangan Selatan mengakibatkan tebing setinggi 5 meter longsor dan satu pohon tumbang, merusak rumah warga, Jumat (13/11) malam.

petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen, Tofik Hidayat, mengatakan kejadian longsor bermula hujan lebat mengguyur wilayah desa pada malam hari. Hujan menyebabkan sejumlah tebing longsor, termasuk tebing seluas 14 meter yang memang labil.

Puncaknya sekitar pukul 21.30 WIB, tebing yang berada di samping rumah warga mengalami longsor dan tanah menerjang rumah. Akibatnya, sejumlah perabotan rumah tangga dan alat pertukangan milik korban hampir tertimbun.

“Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara keluarga korban terdiri dari kepala keluarga Ismuha Mahmut (47), istrinya Fitri Muktar (30), dua anaknya Ade Suhendra (9) dan Ana Bella (3), diarahkan untuk mengungsi kerumah tetangga,” ujar Tofik.

Sementara Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bireuen, Teguh Mandiri Putra, SSTP menyebutkan, saat ini intensitas hujan di beberapa wilayah Bireuen cukup tinggi, sehingga pihaknya meminta seluruh warga untuk tetap waspada. Khususnya mereka yang berada di daerah rawan bencana.

“Kita harus meningkatkan kewaspadaan, apalagi beberapa bencana khususnya longsor terjadi pada malam hari. Ini yang harus diwaspadai dan tetap siaga, agar tidak ada korban jiwa,” sebut Teguh.

Kepala BPBD Bireuen meminta kepada warga agar menanam pohon di tempat rawan longsor dan tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Desa. Jika terjadi longsor susulan, segera melapor ke BPBD.

“Hingga saat ini, petugas masih melakukan penanganan dan membantu warga dalam mengevakuasi rumah yang rusak. Sedangkan terkait adanya kabel listrik yang tertimpa pohon, sudah di koordinasikan,” sebut Teguh Mandiri Putra. (mag84/arm)