Tunjangan ASN Bakal Naik

ILUSTRASI ASN

BLANGPIDIE (RA) – Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dimana pemerintah setempat berencana menaikkan tunjangan pada tahun anggaran 2021.

“Rencananya awal tahun 2021, tunjangan ASN sudah dinaikkan dan sudah dihitung -hitung oleh Sekda, kepala keuangan dan BKPSDM, malah bisa kita berikan tunjagan kinerja ASN dua kali lipat atau tiga sampai lima nanti.” kata Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, di tahun 2021 nanti mungkin ada hal baru akan terjadi dengan mengikuti anggaran tahun ini.

“Dana otonomi kita hampir tidak sanggup membiayai pegawai dan operasional pegawai ini berat, dan Alhamdulillah kita bersyukur punya Pak Sekda yang cukup cerdas berbagai macam pola rapat yang dilaksanakan akhirnya krisis keuangan ini tidak begitu berdampak dan pegawai juga tidak kehilangan malah bisa bertambah uang,”katanya.

Disebutkan, anggaran pegawai bisa hemat, tapi penghasilan pegawai bisa ditingkatkan. artinya dengan pisau yang tajam kita harus berani mengurangi semua yang selama ini gelap-gelap tidak begitu penting di pegawai.

“Saya sepakat dengan pak sekda, kepala keuangan dan BKP SDM dari eksekutif, tahun depan kita menaikkan tunjangan kinerja pegawai negeri dua sampai tiga kali lipat dan nanti jangan dituduh Bupati boros karena dengan cara begitu kita bisa berhemat,”imbuhnya.

Katanya, terakhir ia dapat laporan dari sekda dan kepala keuangan, apabila prosedur terkini di jalankan, maka pemda akan hemat anggaran 9 sampai 10 milyar.

“Kita sudah menyampaikan jangan ada yang salah duga dengan eksekutif, saat krisis bupati memboros- boroskan uang, saat krisis penghasilan ASN dinaikan, ini tidak berperasaan dengan rakyatnya. Padahal dengan menaikkan gaji pegawai saya telah memberi lebih ke rakyat kita karena ada lebih uang 9 sampai 10 Milyar coba dihitung,” Demikian kata Akmal. (mat/ra)