Pemkab Abdya Gelar Razia Tertib Masker

Rakyat Aceh

BLANGPIDIE (RA) – Pemerintah Kabupaten Abdya terus berupaya menekan penyebaran Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menertib dan mengetatkan razia sosial pemakaian masker di wilayah Kabupaten setempat, kamis (24/9).

Kegiatan tersebut, melibatkan petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Abdya diperkuat unsur TNI, Polisi dan pihak sekretariat gugus tugas Covid -19, Perhubungan melakukan razia masker.

Bagi warga yang tidak memakai masker, saat sedang razia akan diberikan sangsi berupa push up dan baca ayat pendek, menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kasat Polpp Abdya Riad, SE mengatakan, penegakan peraturan itu didasarkan pada Perbup nomor 38 tahun 2020 tentang penegakan disiplin protokol kesehatan (Prokes) Berdasarkan hal itu, bagi warga yang ketahuan melanggar bisa dikenakan sanksi.

“Denda yang diberikan maksimal Rp 50 ribu, itu nantinya akan dibayar pada saat sidang dipengadilan bagi mereka yang tidak memakai masker di tempat umum. Oleh karenanya, kami melakukan terus operasi sosial atau yustisi setiap hari,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan sosialisasinya sebelum keluar perbup, Bupati rutin dihimbau kepada warga namun masih saja banyak yang membandel dan setelah terbitnya Perda nomor 38 tahun 2020 razia masker terus diketatkan dan bagi warga yang melanggar akan tercatat semua.

“Di desa-desa, juga akan diadakan operasi sosial seperti ini. Jadwalnya ditentukan di kecamatan, kemudian dilakukan razia sosial atau nonyustisi. Di sana (Desa di sembilan kecamatan) sementara pembinaannya berupa hukuman menyanyi, baca ayat pendek sampai push up,” tutupnya.(mat)