Plt Dinas Kesehatan Efenndi, menyerahkan bantuan masker dari Kementerian Kesehatan kepada salah seorang perwakilan warga di Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah.JURNALISA/RAKYAT ACEH

TAKENGON (RA) – Pemkab Aceh Tengah menerima bantuan masker dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020 beberapa waktu lalu.

Bantuan masker diberikan untuk mendukung penerapan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyampaikan, bantuan masker dari Kemenkes kemudian disalurkan kepada masyarakat melalui beberapa kecamatan dan diteruskan ke pihak sekolah. Diharapkan, masker yang disalurkan bisa segera didistribusikan kepada masyarakat.

“Terutama kepada masyarakat yang rentan penularan covid-19, itu yang utama dan terutama,” kata Shabela Abubakar, didampingi Plt Dinas Kesehatan, Effendi Skm MKes, Senin (16/11).

Shabela menambahkan, penggunaan masker sangat penting untuk mencegah penularan covid-19. Masyarakat penerima bantuan masker kemudian diminta menggunakan secara benar, saat beraktivitas.

Selama pandemi, Pemkab juga telah berupaya mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan termasuk penggunaan masker terutama di ruang publik dan titik keramaian.

Sementara itu, Plt Dinas Kesehatan, Effendi mengatakan, pihaknya telah menerima bantuan masker dari Kemenkes seebanyak 22 ribu untuk diteruskan kepada masyarakat.

“Alhamdulilah dalam beberapa kesempatan telah kita salurkan bantuan masker dari Kemenkes untuk warga serta pelajar di beberapa kecamatan, seperti; Linge, Celala, Keetol dan Rusip,” ucap Effendi menambahkan. (jur/bai)