Bupati Akmal: PKS Abdya Segera Beroperasi

Rakyat Aceh

BLANGPIDIE (RA) – Bupati Abdya Akmal Ibrahim menjamin akhir tahun depan pabrik kelapa sawit akan mulai beroperasi meskipun bukan milik pemerintah.

“Saya jamin akhir tahun depan PKS baru akan mulai beroperasi di Abdya,” ujar Akmal, Minggu, 20 Juli 2020.

Akmal mengatakan sikap ini diambilnya karena rekomendasi alih aset PKS yang sudah lama terbengkalai di Kecamatan Babahrot dari Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) tidak. menuai titik terang.

“Sebagai bupati, saya harus cari jalan lain untuk masyarakat petani sawit Abdya. Jadi walau nanti pabrik terbangun bukan milik pemerintah yang dapat menjamin harga sawit rakyat. Namun demikian paling tidak dengan adanya PKS sudah dapat meringankan beban para petani sawit Abdya,”katanya.

Akmal menjelaskan, gedung PKS yang terbengkalai di Kecamatan Babahrot adalah milik Provinsi Aceh, sedangkan tanahnya adalah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya. “Pemkab Abdya sudah sejak tiga tahun mengurus ke provinsi terkait pengalihan aset bangunan,”katanya.

Bahkan, sambungnya, Dinas Pertanian Provinsi Aceh sudah membentuk Tim, begitu juga Badan Keuangan propinsi. Kedua dinas ini setuju bahkan sudah merekomendasi Gubernur Aceh untuk menghibahkan gedung PKS ke Abdya dan proses itu dua tahun lalu sudah clear.

“Sesuai prosedur, gubernur kemudian mengirim surat ke DPRA, minta rekomendasi dewan dan itu sudah hampir dua tahun. Nah, di DPRA, urusan inilah sudah tertahan hampir 2 tahun,” tuturnya.

Agar tak berlarut, tambah Akmal, prosesnya dibalik jika saat ini Pemkab Abdya meminta agar aset dialihkan, sekarang provinsi saja meminta maka akan disegerakan oleh Akmal seperti yang dismpaikannya dalam pertemuan dengan anggota DPRA di Abdya beberapa waktu lalu.

“Malah saya tawarkan solusi sebaliknya, bagaimana kalau provinsi saja yang minta ke saya, maka saya jamin tidak pakek lama-lama dan buat-buat alasan dalam waktu satu minggu clear (selesai), namun sampai sekarang provinsi juga tidak minta, ya sudah, saya tunggu aja,” ucapnya. (mat).