Haji Uma Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Pilar Kebangsaan di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE (RA) – Anggota DPD/MPR RI asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma hadir bersilaturrahmi dalam rangka pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pilar Kebangsaan bersama masyarakat Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Selasa (17/11/2020).

Kehadiran Haji Uma disambut hangat dan penuh akrab oleh masyarakat setempat yang hadir di lokasi kegiatan. Masyarakat juga terlihat begitu antusias mengikuti seluruh sesi kegiatan yang dimulai pada pukul 20.00 WIB tersebut.

Dalam pemaparan materi didepan para peserta kegiatan, Haji Uma menyampaikan pentingnya upaya memperkuat nilai persatuan ditengah kehidupan masyarakat saat ini. Karena menurut Haji Uma, nilai persatuan semakin melemah saat ini.

“Persatuan adalah modal kita dalam masyarakat, melemahnya persatuan menjadi ancaman bagi kita kedepan. Karena itu, memperkuat persatuan menjadi agenda penting dan ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama kedepan,” ujar Haji Uma.

Selain itu, Haji Uma juga menyinggung semakin memudarnya penerapan nilai agama, adat dan kebangsaan dalam kehidupan keseharian dalam masyarakat. Padahal nilai-nilai luhur tersebut merupakan panduan bagi kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Akibat dari melemahnya penerapan nilai luhur tersebut, berbagai masalah dalam kehidupan sosial masyarakat bermunculan dan cenderung meningkat. Karena itu, menurut Haji Uma upaya memperkuat kesadaran masyarakat terhadap nilai luhur agama, adat dan kebangsaan menjadi penting dan mendesak untuk dilakukan ditengah kondisi bangsa saat ini.

Sementara itu, salah satu peserta dalam sesi tanya jawab mengharapkan pemerintah untuk kembali menyelenggarakan penataran Pancasila di institusi pendidikan mulai pendidikan dasar hingga menengah atas. Karena sebagai generasi penerus masa depan bangsa, maka generasi muda harus memiliki pemahaman kuat terhadap nilai kebangsaan.

“Dulu kita ingat ada program P4, namun saat ini sudah tidak ada lagi. Sementara dengan kondisi bangsa saat ini, maka penguatan pemahaman dan kesadaran akan nilai kebangsaan menjadi sangat penting”, ujar salah satu peserta tersebut dihadapan Haji Uma.

Kegiatan Sosialisasi Pilar Kebangsaan tersebut berakhir sekitar pukul 23.00 WIB yang ditutup dengan doa bersama dengan dipandu pemuka agama setempat. Paska berakhirnya kegiatan, para peserta terlihat sangat antusias melakukan swafoto bersama Haji Uma. (ra)