Banda Aceh (RA) – Universitas Muhamadiyah Aceh Bakal membuka fakultas baru program studi Strata (Sl) Ilmu Kebencanaan pertama di Indonesia.

Dekan Fakultas Teknik  Unmuha, Dr Ir Hafnidar A Rani ST MM IPU ASEAN Eng, mengatakan, nantinya fakultas teknik akan membuka tiga prodi salah satunya prodi Sl kebencanaan.

“Ini memang belum ada di Indonesia dan perdana. Kita sudah melakukan kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) pusat dan bagian kebencanaan lainnya, “Sebut Dr Ir Hafnidar A Rani, Usai menghadiri RDPU Raqan pendidikan Kebencanaa bersama DPR Aceh, Senin (16/11).

Untuk tenaga pengajar atau SDM, dosen fakultas teknik Unmuha itu menyebutkan, sudah mempersiapkannya dari dosen S2 Unsyiah, dikarenakan tenaga pengajar harus lulusan S2 di bidang kebencanaan, dengan syarat tujuh orang pengajar.

“Karena waktu pengusulan prodi ke Kementerian Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikti)syaratnya harus lengkap semua. Diantaranya pengajar, kurikulum dan kita masukan kesana semua. Tim pengajar sudah mencukupi semua. Sekarang hanya tinggal tunggu Surat Keputusan (SK) saja, setelah itu baru kita buka penerimaan mahasiswa baru, Insya Allah targetnya 2021,” ujarnya.

Dr Ir Hafnidar A Rani menyebutkan, adapun kurikulum yang diberikan pada ilmu kebencanaan diantaranya meliputi pendiidian dan tekhnisnya dalam menangani bencana. kemudian diharapkan mahasiswa bisa menjadi mediator kepada masyarakat, bagaiman meminimalisir korban dan mitigasi bencana.

“Jadi bukan hanya sekedar menjadi pengajar saja. Tapi juga mereka lebih terjun ke arah mansyarakat, bagaimana menangulangi bencana. “jelasnya. (mar)