Kondisi rumah yang terbakar di Dudun Pendopo, Desa Kutacane Lama, Babussalam, terbakar sekitar pukul 21.17 WIB, Rabu (18/11) malam. NAUVAL/RAKYAT ACEH

KUTACANE (RA) – Diduga arus pendek listrik (korsleting), satu unit rumah beton di Dudun Pendopo, Desa Kutacane Lama, Babussalam, terbakar sekitar pukul 21.17 WIB, Rabu (18/11) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun musibah juga berimbas terhadap dua rumah lainnya yang terletak berdekatan dengan rumah terbakar tersebut.

“Akibat musibah ini tiga kepala keluarga sementara waktu harus mengungsi ke rumah kerabat,” kata Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Mohd Hasbi.

Besarnya kobaran api dan derasnya hujan membuat upaya penyelamatan barang- barang yang ada di dalam rumah gagal diselamatkan dan apipun baru bisa dipadamkan satu jam kemudian atau pukul 22.30 WIB, setelah empat unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi.

“Untuk kerugian materil sedang dilalukan pendataan oleh petugas BPBD Aceh Tenggara. Informasi sementara penyebab kebakaran ini diduga akibat hubungan arus pendek,” jelas Asbi.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap benda-benda yang rentan akan memicu kebakaran, terlebih saat ingin bepergian selalu pastikan rumah selalu dalam keadaan aman sebelum ditinggalkan. (val/bai)