Pelatihan Pelaku UMKM Jalani Protkes

Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, M Nurdin (Tengah). Rakyat Aceh/Rusmadi

BANDA ACEH (RA) – Sekitar 200 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan. Pelatihan ini tetap mematuhi protokol kesehatan (Protkes), yang berlangsung Kamis-Jumat (18-20/11), di Gedung ITLC Kota Banda Aceh.

Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, M Nurdin mengatakan, pelatihan yang dilakukan dibatasi dan tetap mengacu pada protkes karena masih di tengah pandemi covid-19.

“Walaupun kita pelatihan secara langsung bukan online akan tetapi tetap  mengacu pada protkes,” ujar M Nudin, pada kata sambutannya, Kamis (18/11).

Ia mengatakan, untuk menghidupkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi cobid-19, pemerintah membantu dengan modal usaha mikro berjumlah Rp 2,4 juta.

“Semoga bantuan itu dapat membantu usaha bagi pelaku usaha mikro,” ungkapnya.

Lanjutnya, Pemko Banda Aceh juga mendukung program pemerintah pusat, di mana Banda Aceh menerapkan konsep terintegrasi atau terpadu. Bahkan Pemko Banda Aceh di samping itu turut membantu usaha masyarakat dengan Rp 1 juta rupiah.

“Pemulihan Rp 1 juta rupiah belum ada di Kabupaten Kota lain, selain di Kota Banda Aceh yang sudah menerapkannya,” jelasnya.

Di masa pandemi covid-19 usaha mikro masyarakat berubah 90 persen, hal ini banyak usaha yang berubah ubah karena pelaku usaha merasakan omset yang berkurang.

“Pelaku usaha mikro ada 15 ribu di Banda Aceh sebelum covid19 ada 10 ribu jumlah pelaku usaha,” ungkapnya.

M Nurdin menyampaikan, di masa Covid-19 ini angka kemiskinan naik dan  pengguran naik. Untuk itu caranya dengan menghidupkan aktifitas ekonomi.

Kata M Nurdin, pelatihan yang digelar 3 hari kedepan, diharapkan peserta mengikuti dengan serius dan waktu belajar full. Sehingga ilmu dan pengalaman yang disampaikan narasumber dapat diterapkan dalam memajukan usaha mikro.

Ia berharap, wabah covid ini dapat hilang di muka bumi, sehingga semua masyarakat dapat beraktifitas kembali seperti biasanya.

“Semoga wabah ini cepat hilang dan kita dapat beraktifitas kembali dan aman dan wabah,” tutupnya. (rus).