Walikota Serahkan Alat Kerja untuk Home Industri

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, bersama anggota DPRK dan penerima bantuan berfoto bersama. IST/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, kembali menyerahkan bantuan bagi pelaku usaha kecil, kali ini bantuan berupa alat kerja diserahkan bagi kelompok pelaku usaha industri kecil (home industri) yang ada di Kota Banda Aceh.

Bantuan alat kerja yang diserahkan meliputi mesin jahit kepada 35 orang yang terbagi dalam dua kelompok, alat mesin cuci (laundry) kepada lima orang dalam satu kelompok, peralatan usaha doorsmer kepada tiga orang dalam satu kelompok, dan alat pembuatan kue kepada 34 orang dalam satu kelompok. Prosesi penyerahan dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan.

Turut hadir mendampingi walikota, Kepala Dinas Tenaga Kerja Mairul Hazami, Kasi Pembinaan dan Pengawasan Industri Fitriana dan sejumlah SKPK lainnya. Hadir juga para anggota DPRK Banda Aceh yang ikut menyerahkan bantuan tersebut, yakni Ramza Harli, Danil Abdul Wahab, M Arifin, Ismawardi, Iskandar Mahmud dan Musriafi Aswad.

Walikota Banda Aceh menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para anggota DPRK yang telah menyerap dan menyampaikan aspirasi warga, khususnya para pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi covid-19.

“Kita harus mengucapkan terima kasih banyak kepada anggota DPRK yang telah mengiyakan usulan bapak dan Ibu. Karena melalui DPRK Banda Aceh juga kita menyerap keluhan semua warga,” ujarnya kepada para penerima.

Kemudian, kepada para penerima bantuan, Aminullah berharap agar bantuan yang diberikan bisa meringankan beban dalam menjalankan usaha masing-masing.

“Dalam pandemi ini, mungkin bapak dan ibu sekalian ingin meningkatkan usahanya, atau ingin membuka usaha kecil baru lainnya. Jika sebelumnya belum bisa terbeli beberapa alat-alat, maka hari ini sudah disediakan oleh pemerintah untuk menunjang usahanya,” ungkapnya.

Menanggapi situasi pandemi covid-19, sebutnya, Pemko Banda Aceh melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan dan Dinas Tenaga Kerja telah memberikan bantuan rutin setiap pekannya kepada pelaku usaha kecil di Banda Aceh.

Aminullah pun meminta kepada para penerima agar memanfaatkan seefektif mungkin, dan bisa memaksimalkan pendapatan dengan alat-alat yang diberikan. “Jika bapak dan ibu berhasil dengan alat yang sekarang ini, maka kita akan terus dukung dengan memberikan bantuan lain nantinya,” kata Aminullah.

Sementara itu, Ramza Harli, mewakili DPRK yang hadir mengatakan, bantuan yang diserahkan DPRK bersama Pemko merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat, khususnya para pelaku usaha kecil.

“Alhamdulillah usulan warga semua segera terwujud dan semuanya ini merupakan wujud perhatian kami dan walikota dalam meningkatkan perekonomian Banda Aceh,” ucap Ramza.

Ia pun berharap para penerima dapat mengembangkan usaha-usahanya dan dapat menambah pendapatan dan perekonomian keluarga. “Seluruh bantuan ini merupakan persetujuan Walikota. Jika tidak ada persetujuan beliau maka bantuan ini tidak bisa terwujud. Maka dari itu mari kita beri apresiasi dan ucapan terima kasih atas kepedulian beliau,” ungkapnya. (ril/bai)