Genangan banjir akibat intesitas hujan yang tinggi beberapa hari terakhir di Gampong Blang Paseh, Kabupaten Pidie. Dhian Anna Asmara

SIGLI (RA) – Kondisi ruas jalan provinsi di Gampong Blang Paseh, Kota Sigli, Kabupaten Pidie, memprihatinkan. Setiap kali huan, jalan tersebut kerap digenangi banjir. Menurut sejumlah warga setempat, hingga kini belum mendapat perhatian serius dari pemerintah untuk penanggulangannya.

Syarifuddin, Tgk M Djamil, M Husein, Fatimah Sulaiman, serta belasan warga lainnya menyampaikan, beberapa hari terakhir di halaman Masjid Istiqamah, Blang Paseh,
tergenang banjir akibat intensitas hujan lebat.

“Kami jika ke masjid, harus mengangkat kain sarung tinggi-tinggi hingga melewati batas lutut, jika tidak ingin basah kuyup oleh genangan banjir,” sebut Zainal Abidin, mewakili warga yang lain, Kamis (26/11).

Seorang warga yang lain, Bustami, mengungkapkan bahwa tergenangnya jalan tersebut, tidak terlepas dari sudah tertimbunnya tambak ikan dari tanah wakaf Bentara Pineueng. Selain itu, sebutnya, tidak dibangunnya drainase induk di kiri-kanan jalan provinsi tersebut.

Kepala BPBD Pidie, Ir Dewan Ansari saat dihubungi, membenarkan adanya ruas jalan yang tergenang banjir, dampak dari hujan yang dengan intesitas tinggi dua hari belakangan ini.
Ia mengimbau, warga yang mendiami selepas Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Keumala, Krueng Tiro, Krueng Reubee, Krueng Baro Raya, untuk selalu waspada dimusin penghujan ini. (mag-85/icm)