BANDA ACEH (RA) – Mahasiswa baru Politeknik Indonesia Venezuela (Poliven) mengikuti kegiatan Pembinaan Akademik Dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakamaru) di kampus tersebut, Jln Bandara Sultan Iskandar Muda Km 12 Desa Cot Seruy Kec. Ingin Jaya, Kab Aceh Besar. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 24 – 27 November 2020 itu diikuti oleh 125 mahasiswa.

Direktur Poliven Reza Salima,SP MP, Jumat (27/11/2020) mengatakan kegiatan Pakamaru itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Poliven setiap tahunnya dalam rangka silaturrahmi antara civitas akademika poliven dengan mahasiswa baru.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa baru untuk menjadi lebih mandiri serta unggul dalam setiap hal. Tidak saja secara akdemik namun juga dari segi karakter,” kata Reza Salima dalam sambutannya.

Reza Salima menjelaskan bahwa mahasiswa dalam menghadapi era industri 4.0 itu, haruslah siap dengan dinamika perubahan yang cepat. Dengan demikian diharapkan mahasiswa-mahasiswa baru tidak hanya mampu menguasai hard skill saja, akan tetapi juga harus lebih unggul dalam penguasaan soft skill.

Ia menambahkan berkaitan dengan hal tersebut maka pendidikan vokasi merupakan pilihan yang tepat untuk menghadapi persaingan dunia kerja kedepan. Hal itu dikarenakan pendidikan vokasi memiliki visi menjadikan peserta didik untuk siap dengan kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebar luaskan teknologi.

“Selain itu mengusahakan pengunaan ketrampilan tersebut secara optimal ditengah-tengah masayarakat. Tentu saja hal itu sejalan dengan program kampus merdeka dan merdeka belajar untuk menuju Indonesia unggul,” pungkas Reza Salima. (ra)