Wakapolres Aeh Besar Kompol Saiful Anam menyerahkan bantuan untuk Mesjid Al Ikhlas Meureu Kecamatan Indrapuri dalam rangka Bakti Sosial Polres Aceh Besar Tahun 2020 di masjid tersebut Jumat (27/11) TARMIDI YUSUF/ RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Personil Polisi dari Polres Aceh Besar dan jajarannya bersama anggota TNI dari Koramil 06 Indrapuri melakukan gotong royong membersihkan Mesjid Al Ikhlas Meureu Kecamatan Indrapuri Jumat (27/11) dalam rangka rangkaian kegiatan Bakti Sosial (Baksos) kepada masyarakat di wilayah hukumnya.

Bakti sosial yang melibatkan 150-an personil itu melakukan pembersihan pekarangan sekeliling dan dalam masjid. Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan berupa Al Quran, Sajadah dan peralatan kebersihan lainnya. Bantuan diterima langsung oleh imam dan pengurus masjid yang berdekatan dengan Makam Pahlawan Nasinal Tgk Chik Di Tiro itu.

Kegiatan Baksos dipimpin oleh Wakapolres Aceh Besar Kompol Saiful Anam STP MM. Hadir juga Kabag Ops Kompol Yusuf Hariadi SH MSi, Kasat Binmas AKP Ramlan, Kasat Sabhara Iptu Fachrul Razi, Kasubbag Humas Iptu Ibrahim, para Kapolsek di jajaeran Polres Aceh Besar dan Batituud Koramil 06 Ondrapuri Pelda Sugianto.

Kapolres Aceh Besar AKBP Riki Kurniawan melalui Wakapolres Kompol Saiful Anam di sela-sela gotong royong kepada Rakyat Aceh mengatakan tujuan dari Bakti Sosial bersama TNI, Polri dan masyarakat ini selain aksi bersih-bersih rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya, juga sebagai ajang silaturrahmi dengan masyarakat.

“Baksos ini tidak hanya kegiatan bersih-bersih, namun juga untuk menjalin silaturrahmi antara TNI Polri dengan masyarakat. Apalagi sekarang kondisi covid, ada kekhawatiran masyarakat terhadap wabah ini. Maka dengan giat ini, kita selain melakukan penyuluhan tentang covid dan kesehatan pada umumnya, juga mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan menjaga kebersihan linkungan,” jelas Saiful Anam.

Saiful menambahkan, dengan Baksos ini juga dimanfaatkan untuk memberi gairah kepada masyarakat untuk bangkit dari kondisi saat ini. “Silaturrahmi dan gotong royong ini juga kita manfaatkan untuk memberikan gairah kepada masyarakat, dan berharap mudah-mudahan ekonomi masyarakat kembali kuat yang tentunya akan menciptakan keamanan yang bagus juga,” ungkapnya.

Selain ajang silaturrahmi dan kegiatan bersih-bersih, kata Saiful, Baksos ini juga dimanfaatkan oleh TNI Polri sebagai giat sosialisasi dan penyuluhan tentang Protokol Kesehatan covid 19 dan himbauan pemerintah lainnya.

“Karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi, maka TNI melalui Babhinsanya dan Polri melalui Bhabinkamtibmasnya, dengan menggunakan Bahasa masyarakat, terus melakukan sosialisasi dan himbauan untuk mematuhi Protokol Kesehatan. Mereka tidak tahu sehingga kurang patuh. Insya Allah, dengan sosialisasi yang terus menerus kita lakukan, mereka akan patuh,” pungkas Kompol Saiful Anam. (tar)